Jumat, 06 April 2012

PERILAKU SEHAT ANAK SEKOLAH DI SD NEGERI I SEKARAN KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN KLATEN (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Perilaku Sehat Anak Sekolah Di SD Negeri I Sekaran, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten)

PERILAKU SEHAT ANAK SEKOLAH DI SD NEGERI I SEKARAN KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN KLATEN
(Studi Deskriptif Kualitatif tentang Perilaku Sehat Anak Sekolah Di SD Negeri I Sekaran, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten)



Logo UNS
 










Guna Untuk Melengkapi Tugas dan Memenuhi Syarat Mencapai
Gelar Sarjana (S1)


Disusun Oleh :
Tri Hatmoko Jati Pamungkas
D3205034



JURUSAN SOSIOLOGI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2010
HALAMAN PERSETUJUAN


Disetujui Untuk Dipertahankan di hadapan Panitia Penguji Skripsi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Sebelas Maret
Surakarta








Dosen Pembimbing


Eva Agustinawati, S.Sos, M.Si
NIP. 19700813 199512 2 001





PENGESAHAN

Telah disetujui dan disahkan oleh Panitia Penguji Skripsi
Jurusan Sosiologi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Sebelas Maret
Surakarta
Pada Hari              :
Tanggal                 :
Panitia Penguji
Ketua                    :  Dra. Suyatmi. MS                                  (……………………………)
                                 NIP. 19520929 198003 2 001
Sekretaris              :  Siti Zunariyah, S.Sos, M.Si                    (……………………………)
                                 NIP. 19770719 200801 2 016
Penguji                  :  Eva Agustinawati, S.Sos, M.Si              (……………………………)
                                 NIP. 19700813 199512 2 001
Mengetahui,
Dekan
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Sebelas Maret Surakarta


Drs. H. Supriyadi SN, SU
NIP. 19530128 198103 0 001

MOTTO


                                  Semangatlah untuk maju dan mandiri
(Pamungkas)


Pergi dan lakukan tugasmu tunjukkan kebaikan terhadap saudara-saudaramu dan bebaskan mereka dari penderitaan
(Choa Kok Sui)




























PERSEMBAHAN







Karya ini dipersembahkan kepada:
Bapak dan Ibu tercinta
Kakak-Kakakku Joko dan Eddy
Temen-temenku ‘05
Serta Almamaterku
















KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan skripsi yang berjudul “ PERILAKU SEHAT ANAK SEKOLAH DI SD NEGERI I SEKARAN, KECAMATAN WONOSARI, KABUPATEN KLATEN”.
Sekripsi ini disusun untuk memenuhi persyaratan dalam mendapatkan gelar kesarjanaan pada jurusan sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Penulis menyadari bahwa pada proses penyusunan skripsi ini banyak mendapatkan bantuan dari berbagai pihak, untuk itu penulis mengucapkan terima kasih kepada:
1.            Bapak Drs. H. Supriyadi, SN. SU, selaku Dekan fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta.
2.            Hj. Trisni Utami, M. Si, selaku Ketua Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta.
3.            Dra. L.V Ratna Devi S, M. Si, selaku Sekertaris Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta.
4.            Drs. Pandjang Sugiharjono, selaku Pembimbing Akademi.
5.            Eva Agustinawati, S. Sos. M.Si, selaku dosen pembimbing skripsi yang penuh kesabaran, perhatian, kebaikan dan memberikan motivasi, pengarahan, petunjuk dalam penulisan skripsi ini.
6.            Drs. Argyo Demartoto, M.Si, selaku dosen di Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang penuh kebaikan, perhatian dan mendorong saya untuk menyelesaikan dan menyusun skripsi ini.
7.            Ibu Siti Rahayu selaku Kepala Sekolah di SD Negeri I Sekaran, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten.
8.            Keluargaku tercinta Ayah, Ibu, dan kedua Kakakku yang mendoakan dan memberikan semangat untuk menyusun skripsi agar cepat terselesaikan.
9.            Sahabat-sahabatku Sosiologi 2005, Mas Wahyu, Mas Agung, Mbak Abi, Mas Pandit, mbak Titik, Bom-Bom, Rikky, Owen, Bhayu, Iis, Ana S, Atun, Ana, Okta, Seira, Johan, Rizky, Angger, Soraya, Yuli, Diana, Ita, Rian dan Bita.
10.        Semua pihak yang telah membantu penulis yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.
Semoga budi baik yang telah bapak, ibu dan saudara-saudara berikan mendapat imbalan dari Allah SWT.
Akhirnya penulis berharap semoga skripsi ini bermanfaat dimasa sekarang maupun masa yang akan datang.
                                                                        Surakarta,   Desember 2009
                                                                       Tri Hatmoko Jati Pamungkas







DAFTAR ISI

HALAMAN  JUDUL………………………………………………………….       i  
LEMBAR PERSETUJUAN…………………………………………….......... .      ii
LEMBAR PENGESAHAN………………………………………………........       iii
LEMBAR MOTTO…………………………………………….........................       iv
LEMBAR PERSEMBAHAN………………………………………………... .       v
KATA PENGANTAR…………………………………………………………..     vi
DAFTAR ISI……………………………………………………………...........       viii
DAFTAR GAMBAR……………………………………………......................       xi
DAFTAR MATRIKS…………………………………………………………..       xii
ABSTRAK………………………………………………………………..........       xiii
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………...……      1
A.    Latar Belakang Masalah………………………………………......……       1
B.     Rumusan Masalah………………………………………………...……        7
C.     Tujuan Penelitian…………………………………………………..…..        7
D.    Manfaat Penelitian……………………………………………….….…        8
1.      Manfaat Teoritis………………………………………….…….…...       8
2.      Manfaat Praktis…………………………………………….…….…       8
E.     Landasan Teori…………………………………………….……………      8
F.      Tinjauan Pustaka…………………………………………….………….       11
G.    Definisi Konsep…………………………………………….…….……..      21
H.    Metode Penelitian………………………………………….……..……..      21
1.      Tempat dan Waktu Penelitian………………………………....……       21
2.      Jenis Penelitian………………………………………….…….……        22
3.      Sumber Data…………………………………………….………….       22
4.      Teknik Pengumpulan Data……………………………….…….…..        23
5.      Teknik Cuplikan…………………………………………….……...        25
6.      Teknik Analisa Data……………………………………….……….       27
7.      Validitas Data……………………………………………...….……       28
BAB II DESKRIPSI LOKASI PENELITIAN………………..………….…….    30
A.    Sejarah berdirinya SD Negeri I Sekaran……………………….………        30
B.     Visi, Misi dan Tujuan SD Negeri I Sekaran…………………….……..        30
C.     Sarana Fisik, Prasarana dan Fasilitas SD Negeri I Sekaran…….……..         31
D.    Struktur Organisasi SD Negeri I Sekaran……………….……………..        34
1.      Kepala Sekolah (Tugas Awal Tahun Pelajaran)………….…..……         35
2.      Kepala Sekolah  (Tugas Bulanan dan Mingguan)………….….......         36
3.      Kepala Sekolah (Tugas Harian)……………………………....……        36
4.      Dewan Komite dan Guru Kelas………………………….…….…..       38
5.      Guru Agama, Guru Olah Raga dan Guru Kesenian…………...….         38
6.      Guru Pramuka, Guru UKS, Guru Inggris,
dan Anak didik SD Negeri I Sekaran……………………………….      39
E.     Kegiatan Anak Didik SD Negeri I Sekaran…………………………….      41

BAB III HASIL PENELITIAN……………………………..….………………     42
A.    Hasil Penelitian…………………………………………………………       42
1.      Profil  Responden dan Informan………………………………….         46
2.      Latar Belakang Perilaku Sehat Anak Sekolah..…………..……….         47
3.      Faktor-faktor yang mempengaruhi Perilaku Sehat
Anak Sekolah……………………………………………………….       48
3.1.         Faktor Fisk Yang Memperngaruhi Perilaku Sehat……………          48
3.2.         Faktor Non Fisik Memperngaruhi Perilaku Sehat…………….          52
a.       Definisi Perilaku Sehat Anak Menurut Informan……………..         52
b.      Pengetahuan Anak Terhadap Perilaku Sehat Dalam
Makanan Empat Sehat Lima Sempurna……….……………..           54
4.      Sikap Anak Sekolah Terhadap Perilaku Sehat…………………...           57
1.      Sikap Anak Sekolah Terhadap Perilaku Sehat
Di Lihat Dari Komponen Kognitif………………………..…..         57
2.      Sikap Anak Sekolah Terhadap Perilaku Sehat
Di Lihat Dari Komponen Afektif……………………………..         58
3.      Sikap Anak Sekolah Terhadap Perilaku Sehat
Di Lihat Dari Komponen Konatif (tindakan)……….……….           60
a.       Pola Makan……………………………………………….         61
b.      Kebersihan Lingkungan Sekolahan……………………...          63
c.       Pengalaman Atau Kegiatan Olah Raga…………………...        66
d.      Penggunaan Uang Saku Dan Memilih Makanan………...          68
e.       Pengalaman Sakit……………………………………….…       71
5.      Interaksi Antara Anak Dengan Orang Tua, Guru dan
Petugas Paremedis.…………………………………………..........         78
B.     Pembahasan……………………………………………………………        82
BAB IV PENUTUP…………………………………………………………...        93
A.    Kesimpulan…………………………………………………….……...         93
B.     Implikasi……………………………………………………….….…..         95
1.      Implikasi Empiris………………………………………….…..….          95
2.      Implikasi Teoritis……………………………………………...….          96
3.      Implikasi Metodologis………………………………………...…..         99
C.     Saran…………………………………………………………………..         100
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………….…………...        102
LAMPIRAN………………………………………………………………..….        104
















DAFTAR GAMBAR

Gambar 1        Skema Model Analisis Interaktif..………………………………….....27
Gambar 2.1     Bagan Tabel Sarana dan Prasarana Fisik SD Negeri I Sekaran………31
Gambar 2.2     Bagan Struktur Organisasi SD Negeri I Sekaran……………….….….34
Gambar 2.3     Bagan Tabel  Jumlah Anak Didik atau Siswa SD Negeri I Sekaran….40



















DAFTAR MATRIKS

Matrik 3.1    Profil Responden Anak………………………………………….. ..    49
Matrik 3.2    Profil Informan Orang Tua, Guru, dan Tenaga Medis…………. ..      50
Matrik 3.3    Faktor-Faktor yang mempengaruhi perilaku sehat anak sekolah..         55         
Matrik 3.4    Definisi perilaku sehat anak sekolah menurut informan...………         57       
Matrik 3.5    Pengetahuan anak terhadap perilaku sehat dalam makanan
                     empat sehat lima sempurna menurut responden……………… .          61       
Matrik 3.6    Sikap anak sekolah terhadap perilaku sehat dilihat dari
                     komponen kognitif dan komponen afektif………….…………..         67       
Matrik 3.7    Pola makan sehari-hari anak-anak sekolah
                     Di SD Negeri I Sekaran, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten….            71       
Matrik 3.8    Kebersihan lingkungan anak sekolah Di SD Negeri I Sekaran,
                     Kec.Wonosari, Kab. Klaten……………………………………….      74
Matrik 3.9    Pengalaman olah raga anak sekolah di SD Negeri I Sekaran,
                     Kec. Wonosari, Kab. Klaten ……………..……………………….      76
Matrik 4.0    Penggunaan uang saku dan memilih makanan anak sekolah
                     Di SD Negeri I Sekaran, Kec. Wonosari, Kab. Klaten…..……….       79
Matrik 4.1    Pengalaman sakit anak sekolah Di SD Negeri I Sekaran,
                     Kec. Wonosari, Kab. Klaten……………………………………....      81
Matrik 4.2    Tindakan anak sekolah didalam perilaku sehat anak sekolah
                     Di SD Negeri I Sekaran, Kec. Wonosari, Kab. Klaten…………...       84
Matrik 4.3    Interaksi antara anak dengan orang tua, guru dan petugas
                     Paramedis………………………………………………………….      87
Matrik 4.4    Responden anak dalam perilaku sehat anak sekolah Di SD
                     Negeri I Sekaran, Kec. Wonosari, Kab. Klaten…………………..       96
Matrik 4.5    Informan Orang Tua dalam perilaku sehat anak sekolah di
                     SD Negeri I, Kec. Wonosari, Kab. Klaten……………………….       97



ABSTRAK

Tri Hatmoko Jati Pamungkas, D3205034, Desember 2009. Perilaku Sehat Anak Sekolah di SD Negeri I Sekaran, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Perilaku Sehat Anak Sekolah Di SD Negeri I Sekaran, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten).
Perilaku sehat ini merupakan sebuah tingkah laku dimana anak bisa berubah untuk yang lebih baik dan terhindar dari berbagai macam penyakit sehingga perilaku sehat anak di SD Sekaran Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten ini dapat belajar dan mengikuti pembelajaran dengan baik dan dapat memajukan suatu potensi Sumber Daya Manusia tinggi dan generasi bangsa yang handal.
Perumusan masalah yang diambil adalah bagaimana perilaku sehat anak sekolah di SD Negeri I Sekaran, Kec. Wonosari, Kab. Klaten. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku sehat dan keadaan sehat anak sekolah di SD Negeri I Sekaran, Kec. Wonosari, Kab. Klaten.
Metodologi yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi langsung dan dokumentasi. Sedangkan pengambilan sempel dalam penelitian ini berdasarkan pada purposive sampling dimana informan dan responden yang diambil memiliki latar belakang yang sesuai dengan kebutuhan peneliti. Jumlah informan dalam pengumpulan data adalah 9 informan yaitu orang tuanya, guru dan petugas paramedis. Untuk menguji keabsahan data yang telah terkumpul, peneliti menggunakan teknik analisis data dengan teknik analisis interaktif, dan teknik triangulasi.
Kesimpulan dari penelitian perilaku sehat anak sekolah di SD Negeri I Sekaran, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten tidak terlepas dari faktor fisk ( menyangkut sarana kesehatan dan pengobatan penyakit) dan non fisik (yang menyangkut perilaku kesehatan). Anak sekolah yaitu 5 orang perilaku sehatnya dapat dikatakan baik dalam arti yang positif yaitu didalam sarana dan pelayanan kesehatannya dan tindakan pola makannya, kebersihan lingkungan sekolah, pengalaman atau kegiatan olah raganya, penggunaan uang saku dan memilih makanan serta didalam pengalaman sakit. Yang bernama Aris Eko Nugroho dikatakan negatife dalam perilaku sehatnya karena disebabkan oleh kondisi sosialnya (ekonominya). Anak sekolah di SD Negeri I Sekaran melakukan interaksi dengan baik yaitu interaksi anak dengan orang tua (memberikan contoh perilaku sehat), anak dengan guru (memberikan pengarahan perilaku sehat) dan anak dengan paramedis (memberikan penyuluhan dengan metodenya: gambar-gambar, sandiwara, dan popok penyuluhan.





BAB I
PENDAHULUAN

A.                Latar Belakang Masalah
Anak sebagai bagian dari generasi muda adalah merupakan penerus cita-cita perjuangan bangsa sehingga menjadikan sumber daya manusia (SDM) yang sangat potensial bagi pembangunan nasional. Maka dengan tersedianya sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu memimpin serta memelihara kesatuan dan persatuan bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, diperlukan pembinaan dan pembimbingan secara terus menerus demi kelangsungan hidup, pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental, dan sosial serta perlindungan dari segala kemungkinan yang akan membahayakan anak atau generasi muda dan bangsa di masa mendatang.
Pola makan termasuk perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhannya akan makanan yang meliputi sikap, kepercayaan, jenis makanan, frekuensi, cara pengolahan, dan pemilihan makanan. Sebagai contoh adalah pola nasi (sebagai makanan utama), kemudian ada juga pola roti, ataupun pola makan lain yang lebih spesifik, di antaranya spageti atau pasta.
Menurut DEPKES sumbernya: http://www.docstoc.com/docs/6322384/Gizi-Atlet-Sepak-Bola (diakses 24 Januari 2010) bahwa Menu sehat harus mengandung semua zat gizi yang diperlukan. Dari segi kuantitas, harus memenuhi kebutuhan dan proporsi harus seimbang yaitu: karbohidrat 60-70%, lemak 20-25%, protein 10-15%. Selain harus sesuai dengan pola makan sehari-hari, juga tidak bertentangan dengan kepercayaan dan dapat memenuhi selera. Untuk mengubah langsung pola makan tentu saja tidak mudah. Kita bisa memulai dari hal-hal yang kecil dan praktis.
Makanan jajanan tidak berarti jelek dan tidak boleh dikonsumsi, tetapi yang perlu diperhatikan adalah pemilihan makanan secara bijaksana. Dampak baik dari perilaku jajan adalah pengenalan macam-macam makanan dan menumbuhkan kebiasaan penganekaragaman makanan.  Walau demikian, orang tua perlu sangat waspada, karena dari hasil penelitian tahun 2003 BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) yang dilakukan terhadap 9.465 sampel (contoh) jajanan sekolah, ternyata 80% dari semua jajanan yang diteliti mengandung bahan-bahan yang membahayakan kesehatan seperti: formalin, boraks, rhodamin B, sakarin. Penggunaan formalin biasanya dipakai untuk mengawetkan mayat, juga untuk antiseptik, dan penghilang bau. Sedangkan boraks biasa digunakan untuk pengawet kayu, pengontrol kecoa, dan bahan pembersih. Sementara rhodamin B sering digunakan sebagai zat pewarna pada kertas dan tekstil. Bahan-bahan tersebut sebenarnya tidak boleh dicampur dengan makanan. Bila zat-zat itu dicampurkan ke dalam makanan maka anak-anak yang sering mengonsumsi jajanan yang mengandung formalin, boraks, rhodamin B, dan zat berbahaya lainnya, biasanya rentan terhadap penyakit. Pertumbuhan badan dan otaknya juga cenderung lambat. DEPKES mencontohkan: pada anak usia Sekolah Dasar masalah yang dihadapi biasanya berkaitan dengan kebiasaan berperilaku hidup bersih dan sehat seperti kebiasaan cuci tangan pakai sabun, potong kuku, dan gosok gigi Senin, oleh: Siswono Sumber: http://www.republika.co.id/ (di akses 24 Januari 2010).
Untuk mendukung pencapaian Visi Indonesia Sehat 2010 telah ditetapkan Sistem Kesehatan Nasional (SKN) dengan Keputusan Menteri Kesehatan No. 131/Menkes /SK/II/2004 dan salah satu Subsistem dari SKN adalah Subsistem Pemberdayaan Masyarakat. Kebijakan Nasional Promosi kesehatan untuk mendukung upaya peningkatan perilaku sehat ditetapkan Visi Nasional Promosi Kesehatan sesuai Keputusan Menteri Kesehatan RI. No. 1193/MENKES /SK/X/2004 yaitu “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat 2010” (PHBS 2010). Untuk melaksanakan program Promosi Kesehatan di Daerah telah ditetapkan Pedoman Pelaksanaan Promosi Kesehatan di Daerah dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI. No. 1114/Menkes/SK/VIII/2005. Dalam tatanan otonomi daerah, Visi Indonesia Sehat 2010 akan dapat dicapai apabila telah tercapai secara keseluruhan Kabupaten/ Kota Sehat. Oleh karena itu, selain harus dikembangkan sistem kesehatan Kabupaten/ Kota yang merupakan subsistem dari Sistem Kesehatan Nasional, harus ditetapkan pula kegiatan minimal yang harus dilaksanakan oleh Kabupaten/Kota sesuai yang tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan No. 1457/Menkes/SK/X/2004 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Kesehatan Kabupaten/ Kota.
Menurut Menkes melalui program UKS, derajat kesehatan serta kebiasaan perilaku hidup sehat anak usia sekolah dapat ditingkatkan. Misalnya dengan menjaga lingkungan sekolah dan sekitarnya melakukan pemeriksaan jentik nyamuk di lingkungan sekolah, tidak membuang sampah sembarangan, mencuci tangan dengan sabun sebelum makan atau setelah buang air besar. Sebagaimana diketahui saat ini, jumlah anak sekolah diperkirakan mencapai 30% dari total penduduk Indonesia atau sekitar 73 juta orang. Dengan jumlah sebesar ini, maka masalah kesehatan yang dihadapi anak usia sekolah tentu sangat kompleks dan bervariasi.
Sekolah Dasar Negeri I Sekaran, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten merupakan satu tempat atau instansi pendidikan yang berada dilokasi kecamatan Wonosari yang mempunyai potensi mendidik dengan baik. Keberadaan sekolah benar-benar sangat diperlukan, karena sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menyelenggarakan proses belajar mengajar untuk membimbing, mendidik, melatih dan mengembangkan kemampuan siswa untuk mencapai tujuan pendidikan diantaranya adalah menjadi manusia yang berbudi pekerti atau berakhlak yang luhur. Pendidikan selain dapat mengatasi krisis ekonomi, juga merupakan human investman, karena tiap hari manusia tidak lepas dari ritual pendidikan. Pendidikan tidak bisa dilepaskan dari kehidupan, karena pendidikan adalah peradaban dan pendidikan adalah masa depan. Pendidikan dapat mengubah mindset budaya, kesadaran, perasaan dan hati nurani bangsa. Pendidikan juga merupakan investasi, modal IPTEK dan kultur (lingkungannya) untuk membangun mental dan kepribadian baik psikologis maupun sosiologis. Hal tersebut sesuai dengan tujuan pendidikan nasional Indonesia sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 3 : …bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggungjawab (UU Sisdiknas, 2003:7). Didalam proses kegiatan belajar kesehatan anak sangat diperhatikan karena keadaan anak yang kurang sehat akan mempengaruhi proses kegiatan belajar mengajar. 
DEPKES (www.klikdokter.com/article/detail/204) Merdeka - Klikdokter - Menuju Indonesia Sehat diakses 24 Januari 2010. Negara Republik Indonesia, dengan populasi sebesar 222 juta jiwa pada tahun 2006 tengah merayakan 63 tahun hidup merdeka dari penindasan hak kebebasan dari bangsa asing, namun ironis tertindas oleh kekejaman virus dan bakteri yang mewabah serta merta menjauhkan impian rakyat Indonesia dari hidup sejahtera bebas dari ancaman penyakit. Tercatat sedikitnya 8.019 orang dari Februari 2006 sampai 31 Januari 2007 telah menjadi korban keganasan Demam Berdarah Dengue (DBD). 144 diantaranya terdata meninggal dunia. Meninggalkan fakta rasio tingkat kematian mencapai 1,8%. Meningkat 0,8% dari tahun lalu. Langkah negara menyatakan DBD sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) hanya mampu menurunkan jumlah penderita dari 18.929 hingga 8.019 penderita, sementara tingkat kematiannya melonjak. Jika pada tahun lalu negara telah kehilangan 192 jiwa dari total 18.929 korban, hingga pada awal tahun 2007 jumlah penderita menurun hingga 8.019 namun dengan jumlah korban meninggal dunia 144 korban jiwa. Lebih nyaris lagi, DBD bukanlah wabah yang pertama. Wabah lain yang mencemaskan adalah muntaber, juga merupakan penyakit yang termasuk dalam kategori KLB oleh pemerintah. Muntaber menyerang ke berbagai daerah hampir ke seluruh wilayah Indonesia. Amukan bakteri Escheria Coli (E. Coli) pathogen sebagai penyebab utama wabah muntaber ini mengikuti perubahan musim dan arah angin yang melanda endemi.Tak lama berselang, kerabat jauh muntaber, Kaki Gajah ikut mewabah di Indonesia. Wabah yang dalam istilah medis dikenal Filariasis ini telah menelan korban 10 juta penduduk yang terinfeksi. Angka penderita kronis sebesar 6500 orang, terutama mereka yang bermukim di desa-desa. Serbuan wabah ini dipicu oleh cacing yang menggunakan nyamuk sebagai perantara. Walau World Health Organisation (WHO) telah menargetkan hingga tahun 2020 untuk memusnahkan penyakit ini. Hanya di Indonesia hingga saat ini kaki gajah belum musnah. Selagi pemerintah beserta instansi terkait mencoba mengatasi berbagai masalah penyakit yang mewabah, bertambah lagi jumlah macam wabah yang merebak. Setidaknya negara mengalami kerugian 700 miliar rupiah dari dampak penyebaran virus flu burung. Pemerintah terjebak di dalam situasi terjepit, diantara harus mengatasi pasar yang sedang lemah atau mengurangi komoditi pasar peternakan untuk pencegahan penyebaran virus H5N1 tersebut. Flu burung adalah berita buruk bagi industri peternakan yang mempunyai rute perdagangan hingga ke luar negeri. Terdata tepatnya Indonesia, telah merugi 7,7 triliun pada tahun 2004 akibat penyebaran virus ini. Dari aspek korban jiwa, hingga Juli 2008, case fatality rate atau angka kematian akibat penyakit flu burung atau avian influenza di Indonesia meningkat menjadi 81 persen. Dari angka komulatif kasus flu burung yang mencapai 116 orang, sebanyak 94 orang di antaranya meninggal dunia.

Belum kering air mata bumi pertiwi kering menetes, penyakit lainnya menyerang mewabah kembali menambah duka yang mendalam bagi bangsa Indonesia yaitu AIDS. HIV/AIDS di Indonesia memasuki tingkat epidemi terkonsentrasi, dengan jumlah penderita yang terus mengalami peningkatan. Secara komulatif, penderita AIDS tercatat 11.141 kasus dan HIV 6.066 kasus. Berdasarkan data, jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Merauke saja, sejak 1992 hingga 2006 mencapai 827 orang, terdiri dari 422 laki-laki dan 359 perempuan, sedang 46 lainnya tidak jelas. Angka ini hanya untuk penderita yang ada di Kabupaten Merauke. Sedang di seluruh Papua, jumlah penderita HIV/AIDS tercatat 2.199 orang.  Merdeka-Klikdokter-Menuju Indonesia Sehat diakses 24 Januari 2010 (www.klikdokter.com/article/detail/204) DEPKES.

         Penjabaran dipisah hanyalah sebagian dari daftar panjang aneka wabah yang menyerang negara ini. Belum lagi duka bangsa kehilangan calon penerus bangsa dari ditemuinya tingginya angka kematian balita dari tahun ke tahun yang dipicu dari berbagai macam sebab. Diikuti tingginya angka kematian ibu dalam proses kelahiran, semakin mengiris luka duka bangsa Indonesia semakin dalam. Jika aneka wabah tersebut tidak ditanggulangi dengan khusus dan serius, tidak menutup kemungkinan kita akan mengalami “generation lost”. Dalam 20 tahun kedepan, kita akan kehilangan generasi muda yang berpengaruh besar dalam proses pembangunan bangsa ini. Sebagian kalangan mengkritik kinerja pemerintah yang dianggap terlalu lamban dalam bertindak. Dinas kesehatan adalah lembaga pemerintah yang kerap mendapat gugatan. Kiranya persoalan yang masih membelenggu pemerintah, khususnya dinas kesehatan adalah analisis sosial atas virus yang berjangkit dan pernah menyerang rakyat. Seperti halnya pemetaan atas sebuah kawasan yang mempunyai potensi  berjangkitnya suatu virus dapat menjadi sarana pencegahan mewabahnya penyakit. Tentunya dengan melibatkan masyarakat secara akitf.
Maka pentingnya perilaku sehat bagi kita sangat besar yaitu untuk mewujudkan lingkungan hidup yang bersih sehat agar dapat melindungi masyarakat dari ancaman bahaya yang berasal dari lingkungan sehingga tercapai derajat kesehatan individu, anak, keluarga dan masyarakat yang optimal. Perilaku sehat ini merupakan sebuah tingkah laku dimana anak bisa berubah untuk yang lebih baik dan terhindar dari berbagai macam penyakit sehingga perilaku sehat anak di SD Sekaran Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten ini dapat belajar dan mengikuti pembelajaran dengan baik dan dapat memajukan suatu potensi Sumber Daya Manusia tinggi dan generasi bangsa yang handal.
B.                 Perumusan Masalah
Bagaimana perilaku sehat anak sekolah di SD Negeri I Sekaran, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten?
C.                Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian sebagai berikut :
1.            Untuk mengetahui bagaimana perilaku sehat anak sekolah di SD Negeri I Sekaran, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten.
2.            Untuk mengetahui keadaan sehat anak sekolah di SD Negeri I Sekaran, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten.
D.                Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang diharapkan dari peneliti adalah :
1.      Manfaat Teoritis
Secara teoritis ini diharapkan dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan atau acuan untuk penelitian empiris
2.      Manfaat Praktis
a)               Penelitian ini diharapkan untuk dapat memberi jawaban atas permasalahan yang sedang diteliti.
b)               Mengembangkan penalaran serta membentuk pola pikir yang dinamis sekaligus untuk menerapkan ilmu yang diperoleh melalui bangku kuliah maupun pengetahuan lain.
E.                 Landasan Teori
         Sosiologi adalah pengetahuan atau ilmu tentang sifat masyarakat, perilaku masyarakat, dan perkembangan masyarakat. Sosiologi merupakan cabang Ilmu Sosial yang mempelajari masyarakat dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia. Sebagai cabang ilmu, sosiologi dicetuskan pertama kali oleh ilmuwan perancis, Agust Comte. Comte kemudian dikenal sebagai Bapak Sosiologi, Namun demikian, sejarah mencatat bahwa Emile Durkheim ilmuwan sosial Perancis yang kemudian berhasil melembagakan Sosiologi sebagai disiplin Akademis.
         Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Teori Interaksionisme simbolik yang bernaung didalam paradigm Definisi Sosial yang artinya asumsi-asumsi dari cara berfikir para pengikutnya dengan cara pandang Definisi Sosial. Tokoh utama dari paradigm definisi sosial adalah Max Waber. Dia berperan dalam pembangunan ketiga teori yang termasuk dalam paradigma definisi sosial yaitu Teori Interaksionisme simbolik, teori tindakan atau aksi, dan teori fenomenologi. (Sutaryo, 2005: 5-15).
         Dalam sosiologinya Weber yang melihat kenyataan sosial secara mendasar terdiri dari induvidu-induvidu dan tindakan-tindakan sosialnya yang berarti mendifinisikan sosiologi sebagai suatu ilmu pengetahuan yang berusaha memperoleh pemahaman interpretatif mengenai tindakan sosial agar dengan demikian bisa sampai kesuatu penjelasan kausal mengenai arah dan akibat-akibatnya. Dengan tindakan tersebut dimaksudkan suatu perilaku manusia sepanjang induvidu bertindak itu memberikan arti yang subyektif tadi dihubungkan dengan oleh induvidu yang bertindak memperhitungkan perilaku orang lain dan karena itu diarahkan ke tujuannya. (Ritzer, 1985: 43).
         Weber sebagai pengemuka exemplar dan paradigma definisi sosial mengartikan sosiologi sebagai studi tentang tindakan sosial antara hubungan sosial, dimana ada lima ciri pokok yang menjadikan sasaran penelitian, yaitu:
a.       Tindakan manusia, yang menurut si aktor mengandung makna subyektif. Ini meliputi berbagai tindakan nyata.
b.      Tindakan nyata yang bersifat membatin sepenuhnya dan bersifat subyektif.
c.       Tindakan yang meliputi pengaruh positif dari suatu stuasi, tindakan yang sengaja diulang serta tindakan dalam bentuk persetujuan secara diam-diam.
d.      Tindakan itu diarahkan kepada seseorang atau kepada beberapa induvidu.
e.       Tindakan itu memperhatikan tindakan orang lain dan terarah kepada orang lain.
Atas dasar rasionalitas, Max Weber membedakan kedalam empat tipe. Semakin rasional tindakan sosial itu, semakin mudah dipahami, yaitu:
a.       Tingkah laku rasional (Zwerckrational)
Disebut juga rasional tujuan, yang mana bentuk orientasi ini mencakup perhitungan yang tepat dan pengambilan sarana-sarana yang paling efektif untuk tujuan-tujuan yang dipilih dan dipertimbangkan dengan jelas. Dalam tindakan ini aktor tidak hanya sekedar menilai cara yang terbaik untuk mencapai tujuannya, tetapi juga menentukan nilai dari tujuan itu sendiri. Ia dapat juga menjadi cara dari tujuan lain berikutnya. Bila aktor berkelakuan dengan cara yang paling rasional maka mudah memahami tindakannya tersebut.  
b.      Werkrational Action
Menurut tipe ini pelaku terlibat dalam nilai penting yang mutlak atau nilai kegiatan yang bersangkutan. Dia lebih mengejar nilai-nilai dari pada memperhitungkan sarana-sarana dengan cara yang secara evaluative netral. Disini rasionalitas kalkulatif muncul hanya dalam pilihan atas sarana-sarana yang paling efektif untuk tujuan-tujuan yang dinilai, dan secara khas nilai-nilai menentukan pilihan sarana-sarana dan juga tujuan, sehingga sebuah tujuan yang secara moral baik, mesti dicapai hanya dengan sebuah sarana yang secara moral baik, dapat dikatakan bahwa aktor tidak dapat menili apakah cara yang dipilihnya itu merupakan cara yang paling tepat ataukah lebih tepat untuk mencapai tujuan yang lain.  
c.       Affectual Action
Disebut juga tindakan yang emosionalnya dan dibuat-buat, yaitu tingkah laku yang berada dibawah dominasi langsung persaan-perasaan. Disini tidak ada rumusan sadar atas nilai-nilai atau kalkulasi rasional sarana-sarana yang cocok. Tindakan ini sama sekali emosional dan sukar dipahami karena tidak rasional.
d.      Traditional Action
Yaitu tingkah laku berdasarkan kebiasaan yang muncul dari praktik-praktik yang mapan dan menghormati otoritas yang ada. Tindakan ini merupakan tipe tindakan            
F.                 Tinjauan Pustaka
Penelitian terdahulu Widya Indriasari Nim 070417506 Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas AIRLANGGA Tahun 2008 mengenai PERILAKU KESEHATAN IBU PRA DAN PASCA PERSALINAN (Studi Deskriptif Tentang Perllaku Kesehatan Ibu Pra dan Pasca Persalinan di Daerah Pemukiman Kumuh Kelurahan Gubeng Kecamatan Gubeng Surabaya). Penelitian ini berangkat dari ketertarikan peneliti terhadap perilaku kesehatan ibu pra dan pasca persalinan di daerah pemukiman kumuh. Berdasarkan observasi yang dilakukan, masih banyak ibu-ibu di pemukiman kumuh yang mengabaikan perilaku kesehatannya. Tipe penelitian ini adalah deskriptif, yang berusaha memberikan gambaran dan menjelaskan tentang perilaku kesehatan ibu pra dan pasca persalinan di daerah pemukiman kumuh. Selain itu, peneliti juga mendeskripsikan peran significant others terhadap perilaku kesehatan ibu pra dan pasca persalinan.
Dalam penelitian ini digunakan beberapa teori diantaranya Skiner dalam teori perilaku kesehatan yang menyebutkan bahwa perilaku manusia pada hakekatnya adalah tindakan atau aktivitas dari manusia yang dapat diamati langsung, maupun yang tidak dapat diamati oleh pihak lain. Perilaku adalah respons atau reaksi seseorang terhadap stimulus ( rangsangan luar ). Selain itu, juga digunakan teori-teori sosiologi kesehatan seperti Alonso yang menjelaskan mengenai 4 dimensi atau aktivitas dan tindakan individu Yang mengkususkan mengenai perilaku kesehatan.
Sampel dalam penelitian ini adalah 50 responden dengan teknik purposive sampling atau teknik sampel bertujuan, yaitu ibu-ibu yang sudah memiliki anak dan bermukim di daerah kumuh kelurahan gubeng kecamatan gubeng di kota Surabaya. teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan instrumen kuesioner dan teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi univariat dan bivariat dengan tabel silang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu-ibu sudah berusaha untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Artinya, ibu-ibu telah melakukan prevention dan detection sehingga dapat diklasifikasikan sebagai perilaku pemeliharaan kesehatan (health maintenance). Kemudian, peran significant others persalinan yang terlihat paling dominan dalam mendorong ibu untuk berperilaku sehat selama masa pra dan pasca adalah ibu kandung dan suami.
Hal ini dapat dilihat di dalam penelitian Erfi Yana Eka Susanti Nim 3501403520. Pemulung Di TPA Winong Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara Dalam Memanfaatkan Puskesmas. Jurusan Sosiologi dan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang Tahun 2007. Penelitian ini menunjukkan Hasil dari penelitian ini adalah pemulung di TPA Winong Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara masih belum optimal dalam memanfaatkan pelayanan puskesmas karena faktor psikososibudaya. Pemulung di TPA Winong Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara memiliki sosioekonomi dan tingkat pendidikan yang rendah. Hal tersebut membuat pemulung memiliki persepsi yang kurang benar mengenai sehat dan sakit yang pada akhirnya berpengaruh terhadap perilaku sehat dan perilaku sakitnya. Perilaku sehat pemulung adalah minum obat saat sakit, sedangkan perilaku sakit mereka adalah melakukan upaya penyembuhan diri sendiri melalui kerokan, membuat jamu sendiri dari daun-daun di kebun, dan membeli obat di warung. Jika penyakit pemulung parah maka baru pergi ke tempat mantri kesehatan atau puskesmas. Faktor-faktor yang menghambat pemulung untuk memanfaatkan pelayanan puskesmas adalah faktor lokasi yang terlalu jauh yang berpengaruh terhadap besarnya biaya transportasi dan persepsi mengenai sehat dan sakit, serta keyakinan pemulung mengenai perilaku sakit. sedangkan faktor yang mendorong pemulung untuk menggunakan pelayanan puskesmas adalah keparahan sakit, kedekatan lokasi puskesmas dan x
Dari kedua penelitian tersebut dapat disimpulkan peneliti bahwa penelitian Pemulung Di TPA Winong Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara Dalam Memanfaatkan Puskesmas dan PERILAKU KESEHATAN IBU PRA DAN PASCA PERSALINAN (Studi Deskriptif Tentang Perllaku Kesehatan Ibu Pra dan Pasca Persalinan di Daerah Pemukiman Kumuh Kelurahan Gubeng Kecamatan Gubeng Surabaya) dikatakan secara sosiologis kesehatan bahwa didalam kedua penelitian ini menceritakan segala dari perilakunya untuk mendapatkan kesehatan yang baik. Penelitian tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu perilakunya (tindakan), faktor sosialnya (ekonomi) serta faktor sarana dan pelayanan kesehatannya. Sehingga kedua penelitian ini mampu memberikan pandangan terhadap peneliti “Perilaku Sehat Anak Sekolah di SD Negeri I Sekaran, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten” dikarenakan penelitian kedua tersebut dapat dapat memberikan kenyataan dan kesimpulan dalam aspek sosiologi kesehatan dapat dikatakan mereka dipengaruhi oleh perilaku sehatnya (tindakan), kondisi sosial (ekonomi, perumahan) dan sarana maupun pelayanan kesehatannya.  
Menurut Soekidjo Notoatmojo, (1983: 5). Masyarakat merupakan kerangka dimana segala bentuk aktivitas berlangsung. Keberadaan suatu aktivitas dengan sendirinya adalah cermin akan adanya perilaku atau tindakan-tindakan. Perilaku manusia merupakan hasil dari segala macam pengalaman serta interaksi manusia dengan lingkungannya yang terwujud dalam bentuk pengetahuan, sikap dan tindakan. Dengan kata lain, perilaku merupakan respon induvidu terhadap stimulus yang berasal dalam dirinya. Respon ini dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu :
1.      Perilaku dalam bentuk pengetahuan yaitu informasi yang di miliki untuk mengetahui stuasi atau rangsangan dari luar.
2.      Perilaku yang berbentuk sikap yaitu tanggapan batin terhadap keadaan rangsangan dari luar subyek, sehingga alam sendiri akan menghasilkan perilaku manusia yang hidup didalamnya sesuai dengan sifat dan keadaan alam tersebut.
3.      Perilaku dalam bentuk perbuatan atau tindakan yaitu tindakan nyata berupa faktor perbuatan (action) terhadap situasi atau rangsangan dari luar.
         Menurut Kartini Kartono, 1989. Perilaku dapat diartikan sebagai suatu reaksi yang dapat diamati secara umum atau obeyktif sehingga hal-hal yang diperbuat akan nampak hasilnya dari perbuatan tersebut. Perilaku merupakan pengembangan dari kepribadian yang dimanifestikan kedalam tindakan induvidu yang dapat diamati atau diobservasi secara obeyktif. Selain itu perilaku juga merupakan suatu cara bertingkah laku yang diciptakan untuk ditiru oleh orang lain. Suatu cara bertindak menjadi suatu pola bertindak yang tetap melalui proses pengulangan (peniruan) yang dilakukan oleh banyak orang dalam waktu yang relatif lama, sehingga terbentuklah suatu kebiasaan. Perilaku dibedakan menjadi empat pengertian yaitu :
1.            Perilaku yaitu semacam respon (reaksi, tanggapan, jawaban, balasan).
2.            Perilaku yaitu khusus bagian dari satu pola kesatuan interaksi.
3.            Perilaku yaitu perbuatan atau aktivitas.
4.            Perilaku yaitu gerak atau kompleks gerak-gerik.  
(Chaplin, 1989:53)
         Pareto menekankan bahwa hidup bermasyarakat terdiri dari apa yang dilakukan oleh anggota-anggota individual. Mereka merupakan the material points or molecules dari sistem yang disebut masyarakat. Sebagian terbesar kelakuan manusia bersifat mekanis atau otomatis. Menurut Pareto perilaku dibedakan menjadi dua, yakni :
1.            Perilaku logis yaitu perilku yang direncanakan oleh akal budi dengan berpedoman pada tujuan yang mau dicapai dan menurut kenyataan menyampai tujuan itu.
2.            Perilaku nonlogis merupakan perilaku yang tidak berpedoman secara rasional pada tujuan atau tidak mencapai tujuannya.
Hampir seluruh kehidupan masyarakat terdiri dari perbuatan-perbuatan nonlogis.
         (Solita Sarwono 1997: 32) menyatakan bahwa Perilaku sehat adalah tindakan yang dilakukan induvidu untuk memelihara dan meningkatkan kesehatannya termasuk pencegahan penyakit, perawatan kebersihan (personal hygiene). Perilaku sehat ini diperlihatkan oleh induvidu-induvidu yang merasa dirinya sehat meskipun secara medis belum tentu mereka betul-betul sehat.
Berdasarkan hasil ini, sebuah kelompok riset kesehatan publik dan obat-obatan. anggota merasa perlu untuk mengembangkan intervensi yang efektif yang bertujuan untuk meningkatkan kepada siswa didalam pengetahuan, sikap dan perilaku dan mengubah didalam lingkungan fisiknya.
Didalam Undang-Undang No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dan Presiden Republik Indonesia memutuskan BAB I : KETENTUAN UMUM pasal 1 sebagai berikut:
1.      Kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk berproduksi secara sosial dan ekonomis.
2.      Sumber daya dibidang kesehatan adalah segala bentuk dana, tenaga, perbekalan kesehatan, sediaan farmasi dan alat kesehatan yang serta fasilitas pelayanan kesehatan dan teknologi yang dimanfaatkan untuk menyelenggarakan upaya kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah daerah, dan atau masyarakat.
3.      Perbekalan kesehatan adalah semua bahan dan peralatan yang diperlukan untuk menyelenggarakan upaya kesehatan.
4.      Sedia farmasi adalah obat, bahan obat, obat tradisional, dan kosmetika.
5.      Alat kesehatan adalah intrumen, apparatus, mesin dan atau implan yang tidak mengandung obat yang digunakan untuk mencegah, mendiagnosis, menyembuhkan dan meringankan penyakit, merawat orang sakit, memulihkan kesehatan pada manusia dan atau membentuk struktur dan memperbaiki fungsi tubuh.
6.      Tenaga kesehatan adalah setiap orang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan dan atau ketrampilan melalui pendidikan dibidang kesehatan yang untuk jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehata.
7.      Fasilitas pelayanan kesehatan adalah suatu alat dan atau tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan, baik promotif, preventif, kuratif, maupun rehabilitative yang dilakukan oleh pemerintah, pemerintah daerah dan atau masyarakat.
8.      Obat adalah bahan atau paduan bahan, termasuk produk biologi yang digunakan untuk mempengaruhi atau menyelidiki sistem fisiologi atau keadaan patologi dalam rangka penetapan diagnosis, pencegahan, penyembuhan, pemulihan, peningkatan kesehatan dan kontrasepsi, untuk manusia.
9.      Obat Tradisional adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarjan (galanik), atau campuran dari bahan tersebut yang secara turun menurun telah digunakan untuk pengobatan, dan dapat diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku dimasyarakat.
10.  Teknologi kesehatan adalah segala bentuk alat dan atau metode yang ditujukan untuk membantu menegakkan diagnose, pencegahan dan penanganan permasalahan kesehatan manusia.
11.  Upaya kesehatan adalah setiap kegiatan dan serangkaian kegiatan yang dilakukan secara terpadu, terintegrasi dan berkesinambungan unuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dalam bentuk pencegahan penyakit, peningkatan kesehatan, pengobatan penyakit dan pemulihan kesehatan oleh pemerintah dan atau masyarakat.
12.  Pelayanan kesehatan promotif adalah suatu kegiatan atau serangkaian kegiatan pelayanan kesehatan yang lebih mengutamakan kegiatan yang bersifat promosi kesehatan.
13.  Pelayanan kesehatan preventif adalah suatu kegiatan pencegahan terhadap suatu masalah kesehatan/ penyakit.
14.  Pelayanan kesehatan kuratif adalah suatu kegiatan dan atau serangkaian kegiatan pengobatan yang ditujukan untuk penyembuhan penyakit, pengurangan penderitaan akibat penyakit, pengendalian penyakit, atau pengendalian kecacatan agar kualitas penderita dapat terjaga seoptimal mungkin.
15.  Pelayanan kesehatan rehabilitatife adalah kegiatan dan atau serangkaian kegiatan untuk mengembalikan bekas penderita ke dalam masyarakat sehingga dapat berfungsi lagi sebagai anggota masyarakat yang berguna untuk dirinya dan masyarakat semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuannya.
16.  Pelayanan kesehatan tradisional adalah pengobatan atau perawatan dengan cara dan obat yang mengacu pada pengalaman dan keterampilan turun menurun secara empiris yang dapat dipertanggung jawabkan dan diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku dimasyarakat.
17.  Pemerintah pusat, selanjutnya disebut pemerintah adalah Presiden Republik Indonesia yang memegang kekuasaan Pemerintah Negara Republik Indonesia sebagai mana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
18.  Pemerintah daerah adalah Gubernur, Bupati atau walikota dan perangkat daerah sebagai unsur penyelenggaraan pemerintah daerah.
19.  Mentri adalah mentri yang lingkup tugas dan tanggung jawab di bidang kesehatan.
Dalam penelitian perilaku sehat anak sekolah di SD Negeri I Sekaran maka hal tersebut dicamtumkan didalam pasal 79 yaitu:
(1)   Kesehatan sekolah diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik dapat belajar, tumbuh dan berkembang secara harmonis dan setinggi-tingginya menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.
(2)   Kesehatan sekolah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diselenggarakan melalui sekolah umum dan informal atau melalui lembaga pendidikan lain.
(3)   Ketentuan mengenai kesehatan sekolah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) ditetapkan dengan peraturan pemerintah.              
Perilaku sangat mempengaruhi dari pribadi seseorang. Faktor lingkungan, pribadi dan perilaku hal ini dinyatakan didalam Predictors of initiation and persistence of unhealthy unhealthy weight control behaviours in adolescent oleh Jennifer A Linde, Melanie M Wall, Jess Haines, Dianne Neumark-Sztainer International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity 2009, 6:72 (29 October 2009)
“Weight control behaviors are not healthy (UWCB) among adolescents have weight and health consequences are significant. EAT project explored personal, behavioral, and social environmental factors associated with food intake and body weight in adolescence.”

Dapat diartikan Perilaku pengendalian berat badan yang tidak sehat (UWCB) di kalangan remaja memiliki kesehatan dan berat badan yang signifikan konsekuensinya. Proyek EAT dieksplorasi pribadi, perilaku, dan faktor lingkungan sosial yang terkait dengan asupan makanan dan berat badan di masa remaja.
Perilaku dapat memberikan kesadaran kesehatan bagi siswa kelas supaya dapat terpenuhi  dengan baik. Tujuannya yaitu meningkatkan dan mengubah perilaku anak dalam kehidupan sehari-hari saat diperlukan, evaluasi menyeluruh pengaruhnya terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku yang diperlukan. 
Di dalam sehat-pemakan identitas adalah alat prediksi yang signifikan setelah mengendalikan pengetahuan gizi. Penambahan perbaikan efektivitas diri prediksi dalam kasus kedua makan hasil. Ukuran sehat-eater identitas, persepsi tentang makanan sehat, pengetahuan gizi, efektivitas diri untuk kedua asupan buah-buahan dan sayuran dan makanan yang rendah nilai gizi diselesaikan oleh 101 mahasiswa dan staf. kemudian, para peserta mengingat konsumsi baru yaitu buah-buahan dan sayur-sayuran dan makanan yang rendah nilai gizi. Hal ini dinyatakan didalam Healthy-eater Identity and Self-efficacy Predict Healthy Eating Behavior oleh Shaelyn M. Strachan Journal of Health Psychology, Vol. 14, No. 5, 684-695 (2009).
“healthy-eater identity was a significant predictor after controlling for nutrition knowledge. The addition of self-efficacy improved prediction in the case of both eating outcomes. Measures of healthy-eater identity, perception of healthy eating, nutrition knowledge, self-efficacy for both intake of fruits and vegetables and foods of low nutritional value were completed by 101 university students and staff. Two weeks later, participants recalled recent consumption of fruits and vegetables and foods of low nutritional value. For both eating outcomes”



G.                Definisi Konsep
         Untuk membatasi ruang lingkup penelitian ini, perlu adanya pembatasan istilah dan pengertihan sehingga diharapkan akan mendapatkan gambaran yang jelas dengan masalah pokok penelitian yang akan dilaksanakan. Adapun batas konseptual adalah sebagai berikut :
1.            Perilaku adalah hasil daripada segala macam pengalaman serta interaksi manusia dengan lingkungannya yang terwujud dalam bentuk pengetahuan, sikap dan tindakan. (Solita Sarwono1997 : 1).
2.            Sehat adalah Segar, afiat, nyaman dan bebas dari penyakit (Prof. Dr. J.S. Badudu 1944 : 1240).
3.            Perilaku Sehat adalah segala bentuk tindakan yang dilakukan oleh induvidu untuk memelihara dan meningkatkan kesehatannya, termasuk pencegahan penyakit, perawatan, penjagaan kebugaran melalui olah raga dan makanan yang bergizi.
4.            Anak adalah setiap orang yang berusia dibawah 18 tahun, kecuali berdasarkan ketentuan yang berlaku bagi anak ditentukan bahwa usia dewasa dicapai lebih awal. (Kovensi Hak anak dalam jurnal analisis sosial, 5 Mei 1997 : 3).
H.                Metode Penelitian
1.            Tempat dan Waktu Penelitian
a.             Tempat Penelitian
Tempat penelitian adalah Sekolah Dasar Negeri I, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten pada kelas 1 sampai kelas 6 tahun ajaran 2008/ 2009. Alasan dalam pemilihan tempat penelitian tersebut adalah sebagai berikut :
                                                                    i.                  Di lokasi ini, data yang diperoleh sesuai dengan permasalahan yang diteliti sehingga dapat mendukung dalam menjawab perumusan masalah dengan sebaik-baiknya.
                                                                  ii.                  Di lokasi ini, jarak dapat ditempuh dengan cepat serta transportasinya yang mudah, sehingga lebih mempercepat dan memperlancar jalannya penelitian terutama dalam mengambil data yang diperlukan. 
b.            Waktu Penelitian
                  Penelitian ini dilaksanakan pada bulan 1 Juni 2009 – 30 Juni 2009
2.            Jenis Penelitian
            Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dimaksudkan data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka. Selain itu, semua yang dikumpulkan berkemungkinan untuk menjadi kunci terhadap  apa yang sudah diteliti. Dengan demikian, laporan peneliti akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberi gambaran penyajian laporan tersebut. Data tersebut yaitu naskah wawancara, catatan lapangan, foto, videotape, dokumen pribadi, catatan atau memo, dan dokumen resmi lainnya (Moleong, 2002: 6).
            Sedangkan menurut (Sutopo, 2002: 109) penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang studi kasusnya mengarah pada pendeskripsian secara rinci dan mendalam mengenai potret kondisi tentang apa yang sebenaranya terjadi menurut apa adanya dilapangan studi.
3.            Sumber Data
Pemahaman mengenai berbagai sumber data merupakan bagian yang sangat penting bagi peneliti kerena ketepatan memilih dan menentukan jenis sumber data akan menentukan ketepatan dan kekayaan data atau informasi yang diperoleh. Data tidak akan diperoleh tanpa adanya sumber data. Betapa menariknya suatu permasalahan, bila sumber datanya tidak tersedia, maka ia akan punya arti karena tidak akan bisa diteliti dan dipahami (Sutopo, 2002: 49). Data yang akan dikumpulkan dalam penelitian ini bersumber dari :
a.       Data Primer
Data Primer adalah data yang didapat dari sumber data baik induvidu maupun perseorangan seperti hasil wawancara atau hasil pengisian kuesioner yang dilakukan penulis. Data yang diperoleh langsung dari 6 responden yaitu 6 anak di SD N I Sekaran kelas I-VI dan 9 informan yaitu 2 guru SD, 6 orang tua wali murid, 1 petugas paramedis. Selain itu tempat, dan peristiwa atau aktivitas anak sekolah didalam perilaku sehat tersebut.
b.      Data Sekunder
Data Sekunder adalah data yang telah mengalami pengolahan lebih lanjut dan disajikan oleh pihak pengumpul data primer atau oleh pihak tertentu. Data yang dikumpulkan untuk mendukung dan melengkapi data primer yang berkenaan dengan masalah penelitian diantaranya adalah data monografi SD Negeri I Sekaran, dokumentasi, gambaran yang mampu memberikan masukan dalam analisa data.
4.            Teknik Pengumpulan Data
                     Sesuai dengan bentuk pendekatan kualitatif terhadap sumber data yang digunakan maka teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah sebagai berikut :
a.                   Interview (Wawancara)
            Wawancara adalah percakapan dengan maksud tertentu, yang dilakukan oleh kedua pihak yaitu pewawancara yang mengajukan pertanyaan dan yang diwawancarai yang memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan (Moleong, 1990: 135). Teknik wawancara ini dilakukan dengan struktur yang tidak ketat atau informal guna menanyakan pendapat informan tentang suatu situasi dan kondisi tertentu. Dalam hal tertentu peneliti dapat menanyakan pandangan informan tentang banyak hal yang sangat bermanfaat untuk menjadi dasar bagi penelitian pada waktu dan konteks yang dianggap tepat, guna mendapatkan data yang mendalam dan dilakukan berulang-ulang sesuai dengan keperluan peneliti tentang kejelasan masalah yang dijelajahi (Sutopo, 2002: 59-60). Dalam penelitian ini, peneliti mewawancarai informan-informan yang telah ditentukan kriterianya dengan mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan masalah yang diteliti, yaitu perilaku sehat anak sekolah di SD Negeri I Sekaran. Artinya pertanyaan yang diajukan dapat berkembang dan tidak terfokuskan pada daftar pertanyaan yang disiapkan peneliti. Jawaban-jawaban yang sudah didapat dari informan disimpan dalam bentuk catatan maupun rekaman (file)    
b.                  Observasi Langsung
Teknik Observasi adalah teknik pengumpulan data yang bersifat non verbal. Sekalipun dasar utama dari metode observasi adalah penggunaan indera visual, tetapi dapat juga melibatkan indera-indera lain seperti pendengaran, rabaan, dan penciuman (Slamet, 2006: 86). Penelitian ini peneliti akan melakukan observasi secara langsung baik secara formal mupun informal guna mengumpulkan data, dengan mengamati dan mencatat kegiatan-kegiatan yang dilakukan anak sekolah (Responden).
c.                   Dokumentasi
            Dokumentasi berasal dari kata dokumen yang artinya setiap bahan tertulis maupun film yang tidak dipersiapkan karena adanya permintaan seseorang penyidik atau peneliti (Moleong, 1994: 161).
5.            Teknik Cuplikan (Sampling)
            Cuplikan berkaitan dengan pembatasan jumlah dan jenis dari sumber data yang akan digunakan dalam penelitian. Teknik cuplikan merupakan suatu bentuk khusus atau proses bagi pemusatan atau pemilihan dalam penelitian yang mengarah pada seleksi.
            Cuplikan dalam penelitian kualitatif sering juga dinyatakan sebagai internal sampling. Dalam internal sampling, cuplikan diambil untuk mewakili informasinya dengan kelengkapan dan kedalamannya yang tidak perlu ditentukan oleh jumlah sumber datanya, karena jumlah informan yang kecil bisa saja menjelaskan informasi tertentu, secara lebih lengkap dan benar daripada informan yang diperoleh dari jumlah nara sumber yang lebih banyak yang mungkin kurang mematuhi dan memenuhi informasi sebenarnya. (Sutopo 2002 : 55).
            Dalam penelitian kualitatif, teknik cuplikan yang digunakan bukanlah cuplikan statistik atau yang biasa dikenal dengan probability sampling yang biasa digunakan dalam penelitian kuantitatif. Penelitian kualitatif cenderung menggunakan teknik cuplikan yang bersifat selektif dengan menggunakan pertimbangan berdasarkan konsep teoritis yang digunakan, keingintahuan pribadi dari sang peneliti, karakteristik empiriknya dan sebagainya.
            Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Purprosive Sampling (sampel bertujuan). Purposive Sampling adalah dimana peneliti cenderung memilih informan yang dianggap tahu dan dapat dipercaya untuk menjadi sumber data yang mantap dan mengetahui masalahnya secara mendalam. Namun demikian, informan yang dipilih dapat menunjukkan informasi lain yang lebih tahu, maka pilihan informan dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan dan kemantapan peneliti dalam memperoleh data (Sutopo, 2002:56). Adapun kreteria-kriteria dalam pemilihan sampel yaitu:    
·         6 responden anak sekolah SD N I Sekaran dengan kriteria sebagai berikut:
a)      1 orang anak perempuan kelas I
b)      1 orang anak laki-laki kelas II
c)      1 orang anak perempuan Kelas III
d)     1 orang anak laki-laki Kelas IV
e)      1 orang anak perempuan Kelas V
f)       1 orang anak laki-laki Kelas VI
·         9 informan yaitu orang tua, guru, dan tenaga medis dengan kriteria sebagai berikut :
a)      6 orang tua wali murid di SD N I Sekaran
b)      2 Guru di SD N I Sekaran yaitu: Guru kelas dan Guru Olah Raga.
c)      1 orang tenaga medis di Desa Sekaran, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten.

6.            Teknik Analisis Data
            Pada penelitian ini menggunakan teknik analisi data dengan teknik analisis interaktif (interactive mode of analysis). Menurut Miles dan Huberman, teknik analisis data interaktif meliputi tiga hal yang terdiri dari:
a.       Reduksi Data
Merupakan  proses seleksi, pemfokusan, penyederhanaan dan abtraksi.
b.      Penyajian Data
Merupakan rangkaian informasi yang memungkinkan kesimpulan riset dapat dilakukan.
c.       Penarikan Kesimpulan
Dari sajian yang telah tersusun, selanjutnya peneliti dapat menarik kesimpulan akhir. (Sutopo, 2002: 91-93).
              Untuk menjelaskan uraian diatas dapat dilihat model gambar dibawah ini:
Gambar 1. Skema Model Analisis Interaktif
     












Rounded Rectangle: Pengumpulan Data










 









                    Sumber : (Sutopo, 2002:91)
           
Dari model analisis tersebut, menunjukkan bahwa pengumpulan data dibuat reduksi data dan sajian data dengan maksud semua data yang dikumpulkan dapat dipahami secara mendalam kemudian disusun secara sistematis. Bila pengumpulan data berakhir, maka dilakukan penarikan kesimpulan berdasarkan pada semua hal yang didapat dalam reduksi data dan sajian data. 
7.            Validitas Data
                     Untuk dapat meningkatkan validitas data yang diperoleh selama proses penelitian akan dilakukan dengan Triangulasi. Triangulasi adalah teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain diluar data itu untuk keperluan pengecekan atau pembanding terhadap data itu. Terdapat empat macam triangulasi yaitu pemeriksaan yang memanfaatkan penggunaan sumber, metode, peneliti (pengamat) lain dan teori.
            Dalam penelitian deskriptif kualitatif ini jenis triangulasi yang akan digunakan adalah triangulasi dengan sumber. Triangulasi dengan sumber berarti membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda dalam penelitian kualitatif. Hal itu dapat dicapai dengan jalan :
Pertama, membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara.
Kedua, membandingkan apa yang dikatakan orang didepan umum dengan apa yang dikatakan secara pribadi.
Ketiga, membandingkan apa yang dikatakan orang-orang tentang stuasi penelitian dengan apa yang dikatakannya sepanjang waktu.
Keempat, membandingkan keadaan dan perspektif seseorang dengan berbagai pendapat dan pandangan orang seperti rakyat biasa, orang yang berpendidikan menengah atau tinggi, orang berada, orang pemerintah.
Kelima, membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. (Moleong, 2001: 178).
            Triangulasi dengan sumber dilakukan dengan jalan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara. Hal ini dilakukan karena perilaku sehat lebih bisa diketahui melalui pengamatan. Disamping itu juga melakukan wawancara kepada perilaku sehat anak sekolah, orang tua wali murid dan guru dengan melakukan wawancara pada saat ia sendiri.
            Triangulasi tersebut juga dilakukan dengan melihat kehidupan di lingkungan sekolah yang menjadi sumber informasi dimana ada keterlibatan langsung dengan perilaku sehat anak sekolah di SD Negeri I Sekaran. Triangulasi data itu sejumlah 9 orang informan yaitu 6 orang tua wali murid, 2 guru (Kelas dan Olah raga), dan 1 orang tenaga medis di Puskesmas Kecamatan Wonosari.

 NB: kalau anda ingin lebih lengkap silahkan hubungi saya di trihatmokojatipamungkas@gmail.com....terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar