
(Studi Deskriptif Kualitatif tentang
Perilaku Sehat Anak Sekolah Di SD Negeri I Sekaran, Kecamatan Wonosari,
Kabupaten Klaten)
![]() |
Guna Untuk Melengkapi
Tugas dan Memenuhi Syarat Mencapai
Gelar Sarjana (S1)
Disusun Oleh :
Tri Hatmoko Jati
Pamungkas
D3205034
JURUSAN SOSIOLOGI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2010

Disetujui Untuk Dipertahankan di hadapan Panitia Penguji
Skripsi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Sebelas Maret
Surakarta
Dosen Pembimbing
Eva Agustinawati,
S.Sos, M.Si
NIP. 19700813 199512
2 001

Telah disetujui dan disahkan oleh Panitia Penguji Skripsi
Jurusan Sosiologi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Sebelas Maret
Surakarta
Pada Hari :
Tanggal :
Panitia Penguji
Ketua : Dra. Suyatmi. MS (……………………………)
NIP. 19520929 198003 2 001
Sekretaris :
Siti Zunariyah, S.Sos, M.Si (……………………………)
NIP. 19770719 200801 2 016
Penguji : Eva Agustinawati, S.Sos, M.Si (……………………………)
NIP. 19700813 199512 2 001
Mengetahui,
Dekan
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Sebelas Maret Surakarta
Drs. H. Supriyadi SN, SU
NIP.
19530128 198103 0 001

Semangatlah
untuk maju dan mandiri
(Pamungkas)
Pergi
dan lakukan tugasmu tunjukkan kebaikan terhadap saudara-saudaramu dan bebaskan
mereka dari penderitaan
(Choa
Kok Sui)

Karya ini
dipersembahkan kepada:
Bapak dan Ibu tercinta
Kakak-Kakakku Joko dan Eddy
Temen-temenku ‘05
Serta Almamaterku

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT,
karena limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan
penyusunan skripsi yang berjudul “ PERILAKU SEHAT ANAK SEKOLAH DI SD NEGERI I
SEKARAN, KECAMATAN WONOSARI, KABUPATEN KLATEN”.
Sekripsi ini disusun untuk memenuhi persyaratan dalam
mendapatkan gelar kesarjanaan pada jurusan sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan
Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Penulis menyadari bahwa pada proses penyusunan skripsi
ini banyak mendapatkan bantuan dari berbagai pihak, untuk itu penulis
mengucapkan terima kasih kepada:
1.
Bapak Drs. H. Supriyadi, SN. SU, selaku
Dekan fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret
Surakarta.
2.
Hj. Trisni Utami, M. Si, selaku Ketua
Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas
Maret Surakarta.
3.
Dra. L.V Ratna Devi S, M. Si, selaku
Sekertaris Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Sebelas Maret Surakarta.
4.
Drs. Pandjang Sugiharjono, selaku
Pembimbing Akademi.
5.
Eva Agustinawati, S. Sos. M.Si, selaku
dosen pembimbing skripsi yang penuh kesabaran, perhatian, kebaikan dan
memberikan motivasi, pengarahan, petunjuk dalam penulisan skripsi ini.
6.
Drs. Argyo Demartoto, M.Si, selaku dosen
di Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang penuh kebaikan,
perhatian dan mendorong saya untuk menyelesaikan dan menyusun skripsi ini.
7.
Ibu
Siti Rahayu selaku Kepala Sekolah di SD Negeri I Sekaran, Kecamatan Wonosari,
Kabupaten Klaten.

8.
Keluargaku tercinta Ayah, Ibu, dan kedua
Kakakku yang mendoakan dan memberikan semangat untuk menyusun skripsi agar cepat
terselesaikan.
9.
Sahabat-sahabatku Sosiologi 2005, Mas
Wahyu, Mas Agung, Mbak Abi, Mas Pandit, mbak Titik, Bom-Bom, Rikky, Owen,
Bhayu, Iis, Ana S, Atun, Ana, Okta, Seira, Johan, Rizky, Angger, Soraya, Yuli,
Diana, Ita, Rian dan Bita.
10.
Semua pihak yang telah membantu penulis
yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.
Semoga
budi baik yang telah bapak, ibu dan saudara-saudara berikan mendapat imbalan
dari Allah SWT.
Akhirnya penulis berharap semoga skripsi ini
bermanfaat dimasa sekarang maupun masa yang akan datang.
Surakarta, Desember 2009
Tri Hatmoko Jati Pamungkas

HALAMAN JUDUL…………………………………………………………. i
LEMBAR
PERSETUJUAN…………………………………………….......... . ii
LEMBAR
PENGESAHAN………………………………………………........ iii
LEMBAR
MOTTO…………………………………………….........................
iv
LEMBAR
PERSEMBAHAN………………………………………………... . v
KATA
PENGANTAR………………………………………………………….. vi
DAFTAR
ISI……………………………………………………………........... viii
DAFTAR
GAMBAR……………………………………………...................... xi
DAFTAR
MATRIKS………………………………………………………….. xii
ABSTRAK……………………………………………………………….......... xiii
BAB I
PENDAHULUAN………………………………………………...…… 1
A. Latar
Belakang Masalah………………………………………......…… 1
B. Rumusan
Masalah………………………………………………...…… 7
C. Tujuan
Penelitian…………………………………………………..….. 7
D. Manfaat
Penelitian……………………………………………….….… 8
1. Manfaat
Teoritis………………………………………….…….…... 8
2. Manfaat
Praktis…………………………………………….…….… 8
E. Landasan
Teori…………………………………………….…………… 8
F. Tinjauan
Pustaka…………………………………………….…………. 11
G. Definisi
Konsep…………………………………………….…….…….. 21
H. Metode
Penelitian………………………………………….……..…….. 21
1. Tempat
dan Waktu Penelitian………………………………....…… 21
2. Jenis
Penelitian………………………………………….…….…… 22
3. Sumber
Data…………………………………………….…………. 22
4. Teknik
Pengumpulan Data……………………………….…….….. 23
5. Teknik
Cuplikan…………………………………………….……... 25
6. Teknik
Analisa Data……………………………………….………. 27
7. Validitas
Data……………………………………………...….…… 28
BAB II DESKRIPSI
LOKASI PENELITIAN………………..………….……. 30
A.
Sejarah
berdirinya SD Negeri I Sekaran……………………….………
30

B. Visi,
Misi dan Tujuan SD Negeri I Sekaran…………………….…….. 30
C. Sarana
Fisik, Prasarana dan Fasilitas SD Negeri I Sekaran…….…….. 31
D. Struktur
Organisasi SD Negeri I Sekaran……………….……………..
34
1. Kepala
Sekolah (Tugas Awal Tahun Pelajaran)………….…..……
35
2. Kepala
Sekolah (Tugas Bulanan dan
Mingguan)………….…....... 36
3. Kepala
Sekolah (Tugas Harian)……………………………....…… 36
4. Dewan
Komite dan Guru Kelas………………………….…….….. 38
5. Guru
Agama, Guru Olah Raga dan Guru Kesenian…………...…. 38
6. Guru
Pramuka, Guru UKS, Guru Inggris,
dan Anak didik SD
Negeri I Sekaran………………………………. 39
E. Kegiatan
Anak Didik SD Negeri I Sekaran……………………………. 41
BAB III HASIL
PENELITIAN……………………………..….……………… 42
A. Hasil
Penelitian………………………………………………………… 42
1. Profil Responden dan Informan…………………………………. 46
2. Latar
Belakang Perilaku Sehat Anak Sekolah..…………..………. 47
3. Faktor-faktor
yang mempengaruhi Perilaku Sehat
Anak Sekolah………………………………………………………. 48
3.1.
Faktor Fisk Yang Memperngaruhi Perilaku
Sehat…………… 48
3.2.
Faktor Non Fisik Memperngaruhi Perilaku
Sehat……………. 52
a. Definisi
Perilaku Sehat Anak Menurut Informan…………….. 52
b. Pengetahuan
Anak Terhadap Perilaku Sehat Dalam
Makanan Empat Sehat
Lima Sempurna……….…………….. 54
4. Sikap
Anak Sekolah Terhadap Perilaku Sehat…………………... 57
1. Sikap
Anak Sekolah Terhadap Perilaku Sehat
Di Lihat Dari Komponen
Kognitif………………………..….. 57
2. Sikap
Anak Sekolah Terhadap Perilaku Sehat
Di Lihat Dari Komponen
Afektif…………………………….. 58
3. Sikap
Anak Sekolah Terhadap Perilaku Sehat
Di Lihat Dari Komponen Konatif
(tindakan)……….………. 60
a. Pola
Makan………………………………………………. 61
b.
Kebersihan
Lingkungan Sekolahan……………………... 63

c. Pengalaman
Atau Kegiatan Olah Raga…………………... 66
d. Penggunaan
Uang Saku Dan Memilih Makanan………... 68
e. Pengalaman
Sakit……………………………………….… 71
5. Interaksi
Antara Anak Dengan Orang Tua, Guru dan
Petugas Paremedis.………………………………………….......... 78
B. Pembahasan…………………………………………………………… 82
BAB IV
PENUTUP…………………………………………………………... 93
A. Kesimpulan…………………………………………………….……... 93
B. Implikasi……………………………………………………….….….. 95
1. Implikasi
Empiris………………………………………….…..…. 95
2. Implikasi
Teoritis……………………………………………...…. 96
3. Implikasi
Metodologis………………………………………...….. 99
C. Saran………………………………………………………………….. 100
DAFTAR
PUSTAKA…………………………………………….…………... 102
LAMPIRAN………………………………………………………………..…. 104

Gambar 1 Skema Model Analisis Interaktif..………………………………….....27
Gambar 2.1 Bagan Tabel Sarana dan Prasarana Fisik SD Negeri I Sekaran………31
Gambar 2.2 Bagan Struktur Organisasi SD Negeri I Sekaran……………….….….34
Gambar 2.3 Bagan Tabel Jumlah Anak
Didik atau Siswa SD Negeri I Sekaran….40

Matrik
3.1 Profil Responden Anak…………………………………………..
.. 49
Matrik
3.2 Profil Informan Orang Tua, Guru,
dan Tenaga Medis…………. .. 50
Matrik
3.3 Faktor-Faktor yang mempengaruhi
perilaku sehat anak sekolah.. 55
Matrik
3.4 Definisi perilaku sehat anak
sekolah menurut informan...……… 57
Matrik
3.5 Pengetahuan anak terhadap perilaku
sehat dalam makanan
empat sehat lima sempurna
menurut responden……………… . 61
Matrik 3.6 Sikap anak sekolah terhadap perilaku sehat dilihat dari
komponen
kognitif dan komponen afektif………….………….. 67
Matrik
3.7 Pola makan sehari-hari anak-anak
sekolah
Di SD Negeri I Sekaran,
Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten…. 71
Matrik 3.8 Kebersihan lingkungan anak sekolah Di SD Negeri I Sekaran,
Kec.Wonosari,
Kab. Klaten………………………………………. 74
Matrik
3.9 Pengalaman olah raga anak sekolah
di SD Negeri I Sekaran,
Kec. Wonosari, Kab. Klaten
……………..………………………. 76
Matrik
4.0 Penggunaan uang saku dan memilih
makanan anak sekolah
Di SD Negeri I Sekaran,
Kec. Wonosari, Kab. Klaten…..………. 79
Matrik
4.1 Pengalaman sakit anak sekolah Di SD
Negeri I Sekaran,
Kec. Wonosari, Kab.
Klaten…………………………………….... 81
Matrik
4.2 Tindakan anak sekolah didalam
perilaku sehat anak sekolah
Di SD Negeri I Sekaran,
Kec. Wonosari, Kab. Klaten…………... 84
Matrik
4.3 Interaksi antara anak dengan orang
tua, guru dan petugas
Paramedis…………………………………………………………. 87
Matrik
4.4 Responden anak dalam perilaku sehat
anak sekolah Di SD
Negeri I Sekaran, Kec.
Wonosari, Kab. Klaten………………….. 96
Matrik
4.5 Informan Orang Tua dalam perilaku
sehat anak sekolah di
SD Negeri I, Kec. Wonosari,
Kab. Klaten………………………. 97

Tri Hatmoko Jati Pamungkas,
D3205034, Desember 2009. Perilaku Sehat Anak Sekolah di SD Negeri I Sekaran,
Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten (Studi Deskriptif Kualitatif tentang
Perilaku Sehat Anak Sekolah Di SD Negeri I Sekaran, Kecamatan Wonosari,
Kabupaten Klaten).
Perilaku sehat ini merupakan sebuah tingkah
laku dimana anak bisa berubah untuk yang lebih baik dan terhindar dari berbagai
macam penyakit sehingga perilaku sehat anak di SD Sekaran Kecamatan Wonosari,
Kabupaten Klaten ini dapat belajar dan mengikuti pembelajaran dengan baik dan
dapat memajukan suatu potensi Sumber Daya Manusia tinggi dan generasi bangsa
yang handal.
Perumusan masalah yang diambil adalah bagaimana perilaku sehat anak
sekolah di SD Negeri I Sekaran, Kec. Wonosari, Kab. Klaten. Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku sehat dan keadaan
sehat anak sekolah di SD Negeri I Sekaran, Kec. Wonosari, Kab. Klaten.
Metodologi yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan
data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi langsung dan
dokumentasi. Sedangkan pengambilan sempel dalam penelitian ini berdasarkan pada
purposive sampling dimana informan
dan responden yang diambil memiliki latar belakang yang sesuai dengan kebutuhan
peneliti. Jumlah informan dalam pengumpulan data adalah 9 informan yaitu orang
tuanya, guru dan petugas paramedis. Untuk menguji keabsahan data yang telah
terkumpul, peneliti menggunakan teknik analisis data dengan teknik analisis
interaktif, dan teknik triangulasi.
Kesimpulan dari penelitian perilaku sehat anak sekolah di SD Negeri I
Sekaran, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten tidak terlepas dari faktor fisk (
menyangkut sarana kesehatan dan pengobatan penyakit) dan non fisik (yang
menyangkut perilaku kesehatan). Anak sekolah yaitu 5 orang perilaku sehatnya
dapat dikatakan baik dalam arti yang positif yaitu didalam sarana dan pelayanan
kesehatannya dan tindakan pola makannya, kebersihan lingkungan sekolah,
pengalaman atau kegiatan olah raganya, penggunaan uang saku dan memilih makanan
serta didalam pengalaman sakit. Yang bernama Aris Eko Nugroho dikatakan
negatife dalam perilaku sehatnya karena disebabkan oleh kondisi sosialnya
(ekonominya). Anak sekolah di SD Negeri I Sekaran melakukan interaksi dengan
baik yaitu interaksi anak dengan orang tua (memberikan contoh perilaku sehat),
anak dengan guru (memberikan pengarahan perilaku sehat) dan anak dengan
paramedis (memberikan penyuluhan dengan metodenya: gambar-gambar, sandiwara,
dan popok penyuluhan.

PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Anak sebagai bagian dari
generasi muda adalah merupakan penerus cita-cita perjuangan bangsa sehingga menjadikan
sumber daya manusia (SDM) yang sangat potensial bagi pembangunan nasional. Maka
dengan tersedianya sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu memimpin
serta memelihara kesatuan dan persatuan bangsa dalam wadah Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,
diperlukan pembinaan dan pembimbingan secara terus menerus demi kelangsungan
hidup, pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental, dan sosial serta
perlindungan dari segala kemungkinan yang akan membahayakan anak atau generasi
muda dan bangsa di masa mendatang.
Pola makan termasuk perilaku
manusia dalam memenuhi kebutuhannya akan makanan yang meliputi sikap,
kepercayaan, jenis makanan, frekuensi, cara pengolahan, dan pemilihan makanan.
Sebagai contoh adalah pola nasi (sebagai makanan utama), kemudian ada juga pola
roti, ataupun pola makan lain yang lebih spesifik, di antaranya spageti atau
pasta.
Menurut DEPKES sumbernya: http://www.docstoc.com/docs/6322384/Gizi-Atlet-Sepak-Bola (diakses 24 Januari 2010) bahwa Menu sehat harus mengandung semua zat gizi yang
diperlukan. Dari segi kuantitas, harus memenuhi kebutuhan dan proporsi harus
seimbang yaitu: karbohidrat 60-70%, lemak 20-25%, protein 10-15%. Selain harus
sesuai dengan pola makan sehari-hari, juga tidak bertentangan dengan
kepercayaan dan dapat memenuhi selera. Untuk mengubah langsung pola makan tentu
saja tidak mudah. Kita bisa memulai dari hal-hal yang kecil dan praktis.
Makanan jajanan tidak
berarti jelek dan tidak boleh dikonsumsi, tetapi yang perlu diperhatikan adalah
pemilihan makanan secara bijaksana. Dampak baik dari perilaku jajan adalah
pengenalan macam-macam makanan dan menumbuhkan kebiasaan penganekaragaman makanan.
Walau demikian, orang tua perlu sangat waspada, karena dari hasil penelitian tahun
2003 BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) yang dilakukan terhadap 9.465 sampel
(contoh) jajanan sekolah, ternyata 80% dari semua jajanan yang diteliti
mengandung bahan-bahan yang membahayakan kesehatan seperti: formalin, boraks,
rhodamin B, sakarin. Penggunaan formalin biasanya dipakai untuk mengawetkan
mayat, juga untuk antiseptik, dan penghilang bau. Sedangkan boraks biasa
digunakan untuk pengawet kayu, pengontrol kecoa, dan bahan pembersih. Sementara
rhodamin B sering digunakan sebagai zat pewarna pada kertas dan tekstil. Bahan-bahan
tersebut sebenarnya tidak boleh dicampur dengan makanan. Bila zat-zat itu
dicampurkan ke dalam makanan maka anak-anak
yang sering mengonsumsi jajanan yang mengandung formalin, boraks, rhodamin B,
dan zat berbahaya lainnya, biasanya rentan terhadap penyakit. Pertumbuhan badan
dan otaknya juga cenderung lambat. DEPKES mencontohkan: pada anak usia
Sekolah Dasar masalah yang dihadapi biasanya berkaitan dengan kebiasaan
berperilaku hidup bersih dan sehat seperti kebiasaan cuci tangan pakai sabun,
potong kuku, dan gosok gigi Senin, oleh: Siswono Sumber: http://www.republika.co.id/ (di akses 24 Januari 2010).
Untuk mendukung pencapaian Visi Indonesia Sehat 2010
telah ditetapkan Sistem Kesehatan Nasional (SKN) dengan Keputusan Menteri
Kesehatan No. 131/Menkes /SK/II/2004 dan salah satu Subsistem dari SKN adalah
Subsistem Pemberdayaan Masyarakat. Kebijakan Nasional Promosi kesehatan untuk
mendukung upaya peningkatan perilaku sehat ditetapkan Visi Nasional Promosi
Kesehatan sesuai Keputusan Menteri Kesehatan RI. No. 1193/MENKES /SK/X/2004
yaitu “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat 2010” (PHBS 2010). Untuk melaksanakan
program Promosi Kesehatan di Daerah telah ditetapkan Pedoman Pelaksanaan
Promosi Kesehatan di Daerah dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI.
No. 1114/Menkes/SK/VIII/2005. Dalam tatanan otonomi daerah, Visi Indonesia
Sehat 2010 akan dapat dicapai apabila telah tercapai secara keseluruhan
Kabupaten/ Kota Sehat. Oleh karena itu, selain harus dikembangkan sistem
kesehatan Kabupaten/ Kota yang merupakan subsistem dari Sistem Kesehatan
Nasional, harus ditetapkan pula kegiatan minimal yang harus dilaksanakan oleh
Kabupaten/Kota sesuai yang tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan No.
1457/Menkes/SK/X/2004 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Kesehatan
Kabupaten/ Kota.
Menurut Menkes melalui program UKS, derajat kesehatan
serta kebiasaan perilaku hidup sehat anak usia sekolah dapat ditingkatkan.
Misalnya dengan menjaga lingkungan sekolah dan sekitarnya melakukan pemeriksaan
jentik nyamuk di lingkungan sekolah, tidak membuang sampah sembarangan, mencuci
tangan dengan sabun sebelum makan atau setelah buang air besar. Sebagaimana
diketahui saat ini, jumlah anak sekolah diperkirakan mencapai 30% dari total
penduduk Indonesia atau sekitar 73 juta orang. Dengan jumlah sebesar ini, maka
masalah kesehatan yang dihadapi anak usia sekolah tentu sangat kompleks dan
bervariasi.
Sekolah Dasar
Negeri I Sekaran, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten merupakan satu tempat
atau instansi pendidikan yang berada dilokasi kecamatan Wonosari yang mempunyai
potensi mendidik dengan baik. Keberadaan sekolah benar-benar sangat
diperlukan, karena sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang
menyelenggarakan proses belajar mengajar untuk membimbing, mendidik, melatih
dan mengembangkan kemampuan siswa untuk mencapai tujuan pendidikan diantaranya
adalah menjadi manusia yang berbudi pekerti atau berakhlak yang luhur.
Pendidikan selain dapat mengatasi krisis ekonomi, juga merupakan human investman, karena tiap hari
manusia tidak lepas dari ritual
pendidikan. Pendidikan tidak bisa dilepaskan dari kehidupan, karena
pendidikan adalah peradaban dan pendidikan adalah masa depan. Pendidikan dapat
mengubah mindset budaya, kesadaran,
perasaan dan hati nurani bangsa. Pendidikan juga merupakan investasi, modal
IPTEK dan kultur (lingkungannya)
untuk membangun mental dan kepribadian baik psikologis maupun sosiologis. Hal
tersebut sesuai dengan tujuan pendidikan nasional Indonesia sebagaimana
tercantum dalam Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional pasal 3 : …bertujuan untuk berkembangnya
potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri
dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggungjawab (UU Sisdiknas,
2003:7). Didalam proses kegiatan
belajar kesehatan anak sangat diperhatikan karena keadaan anak yang kurang
sehat akan mempengaruhi proses kegiatan belajar mengajar.
DEPKES (www.klikdokter.com/article/detail/204) Merdeka
- Klikdokter - Menuju Indonesia Sehat
diakses 24 Januari 2010. Negara Republik Indonesia, dengan populasi
sebesar 222 juta jiwa pada tahun 2006 tengah merayakan 63 tahun hidup merdeka dari
penindasan hak kebebasan dari bangsa asing, namun ironis tertindas oleh
kekejaman virus dan bakteri yang mewabah serta merta menjauhkan impian rakyat
Indonesia dari hidup sejahtera bebas dari ancaman penyakit. Tercatat sedikitnya
8.019 orang dari Februari 2006 sampai 31 Januari 2007 telah menjadi korban
keganasan Demam Berdarah Dengue
(DBD). 144 diantaranya terdata meninggal dunia. Meninggalkan fakta rasio
tingkat kematian mencapai 1,8%. Meningkat 0,8% dari tahun lalu. Langkah negara
menyatakan DBD sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) hanya mampu menurunkan jumlah
penderita dari 18.929 hingga 8.019 penderita, sementara tingkat kematiannya
melonjak. Jika pada tahun lalu negara telah kehilangan 192 jiwa dari total
18.929 korban, hingga pada awal tahun 2007 jumlah penderita menurun hingga
8.019 namun dengan jumlah korban meninggal dunia 144 korban jiwa. Lebih nyaris
lagi, DBD bukanlah wabah yang pertama. Wabah lain yang mencemaskan adalah
muntaber, juga merupakan penyakit yang termasuk dalam kategori KLB oleh pemerintah.
Muntaber menyerang ke berbagai daerah hampir ke seluruh wilayah Indonesia.
Amukan bakteri Escheria Coli (E. Coli)
pathogen sebagai penyebab utama wabah muntaber ini mengikuti perubahan
musim dan arah angin yang melanda endemi.Tak
lama berselang, kerabat jauh muntaber, Kaki Gajah ikut mewabah di Indonesia.
Wabah yang dalam istilah medis dikenal Filariasis
ini telah menelan korban 10 juta penduduk yang terinfeksi. Angka penderita
kronis sebesar 6500 orang, terutama mereka yang bermukim di desa-desa. Serbuan
wabah ini dipicu oleh cacing yang menggunakan nyamuk sebagai perantara. Walau World
Health Organisation (WHO) telah menargetkan hingga tahun 2020 untuk
memusnahkan penyakit ini. Hanya di Indonesia hingga saat ini kaki gajah belum
musnah. Selagi pemerintah beserta instansi terkait mencoba mengatasi berbagai
masalah penyakit yang mewabah, bertambah lagi jumlah macam wabah yang merebak.
Setidaknya negara mengalami kerugian 700 miliar rupiah dari dampak penyebaran
virus flu burung. Pemerintah terjebak di dalam situasi terjepit, diantara harus
mengatasi pasar yang sedang lemah atau mengurangi komoditi pasar peternakan
untuk pencegahan penyebaran virus H5N1 tersebut. Flu burung adalah berita buruk
bagi industri peternakan yang mempunyai rute perdagangan hingga ke luar negeri.
Terdata tepatnya Indonesia, telah merugi 7,7 triliun pada tahun 2004 akibat
penyebaran virus ini. Dari aspek korban jiwa, hingga Juli 2008, case fatality rate atau angka kematian
akibat penyakit flu burung atau avian
influenza di Indonesia meningkat menjadi 81 persen. Dari angka komulatif
kasus flu burung yang mencapai 116 orang, sebanyak 94 orang di antaranya
meninggal dunia.
Belum kering air mata bumi pertiwi kering menetes, penyakit lainnya menyerang mewabah kembali menambah duka yang mendalam bagi bangsa Indonesia yaitu AIDS. HIV/AIDS di Indonesia memasuki tingkat epidemi terkonsentrasi, dengan jumlah penderita yang terus mengalami peningkatan. Secara komulatif, penderita AIDS tercatat 11.141 kasus dan HIV 6.066 kasus. Berdasarkan data, jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Merauke saja, sejak 1992 hingga 2006 mencapai 827 orang, terdiri dari 422 laki-laki dan 359 perempuan, sedang 46 lainnya tidak jelas. Angka ini hanya untuk penderita yang ada di Kabupaten Merauke. Sedang di seluruh Papua, jumlah penderita HIV/AIDS tercatat 2.199 orang. Merdeka-Klikdokter-Menuju Indonesia Sehat diakses 24 Januari 2010 (www.klikdokter.com/article/detail/204) DEPKES.
Penjabaran dipisah hanyalah
sebagian dari daftar panjang aneka wabah yang menyerang negara ini. Belum lagi
duka bangsa kehilangan calon penerus bangsa dari ditemuinya tingginya angka
kematian balita dari tahun ke tahun yang dipicu dari berbagai macam sebab.
Diikuti tingginya angka kematian ibu dalam proses kelahiran, semakin mengiris
luka duka bangsa Indonesia semakin dalam. Jika aneka wabah tersebut tidak
ditanggulangi dengan khusus dan serius, tidak menutup kemungkinan kita akan
mengalami “generation lost”.
Dalam 20 tahun kedepan, kita akan kehilangan generasi muda yang
berpengaruh besar dalam proses pembangunan bangsa ini. Sebagian kalangan
mengkritik kinerja pemerintah yang dianggap terlalu lamban dalam bertindak.
Dinas kesehatan adalah lembaga pemerintah yang kerap mendapat gugatan. Kiranya
persoalan yang masih membelenggu pemerintah, khususnya dinas kesehatan adalah
analisis sosial atas virus yang berjangkit dan pernah menyerang rakyat. Seperti
halnya pemetaan atas sebuah kawasan yang mempunyai potensi berjangkitnya
suatu virus dapat menjadi sarana pencegahan mewabahnya penyakit. Tentunya
dengan melibatkan masyarakat secara akitf.
Maka pentingnya perilaku sehat bagi kita sangat besar yaitu untuk mewujudkan lingkungan hidup yang
bersih sehat agar dapat melindungi masyarakat dari ancaman bahaya yang berasal
dari lingkungan sehingga tercapai derajat kesehatan individu, anak, keluarga
dan masyarakat yang optimal. Perilaku sehat ini merupakan sebuah tingkah laku
dimana anak bisa berubah untuk yang lebih baik dan terhindar dari berbagai
macam penyakit sehingga perilaku sehat anak di SD Sekaran Kecamatan Wonosari,
Kabupaten Klaten ini dapat belajar dan mengikuti pembelajaran dengan baik dan
dapat memajukan suatu potensi Sumber Daya Manusia tinggi dan generasi bangsa
yang handal.
B.
Perumusan
Masalah
Bagaimana perilaku sehat anak
sekolah di SD Negeri I Sekaran, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten?
C.
Tujuan
Penelitian
Adapun tujuan penelitian sebagai berikut :
1.
Untuk mengetahui bagaimana perilaku sehat anak sekolah
di SD Negeri I Sekaran, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten.
2.
Untuk mengetahui keadaan sehat anak sekolah di SD
Negeri I Sekaran, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten.
D.
Manfaat
Penelitian
Adapun manfaat yang diharapkan dari
peneliti adalah :
1.
Manfaat Teoritis
Secara teoritis ini diharapkan dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan
atau acuan untuk penelitian empiris
2.
Manfaat Praktis
a)
Penelitian ini diharapkan untuk dapat memberi jawaban
atas permasalahan yang sedang diteliti.
b)
Mengembangkan penalaran serta membentuk pola pikir yang
dinamis sekaligus untuk menerapkan ilmu yang diperoleh melalui bangku kuliah
maupun pengetahuan lain.
E.
Landasan
Teori
Sosiologi
adalah pengetahuan atau ilmu tentang sifat masyarakat, perilaku masyarakat, dan
perkembangan masyarakat. Sosiologi merupakan cabang Ilmu Sosial yang
mempelajari masyarakat dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia. Sebagai
cabang ilmu, sosiologi dicetuskan pertama kali oleh ilmuwan perancis, Agust
Comte. Comte kemudian dikenal sebagai Bapak Sosiologi, Namun demikian, sejarah
mencatat bahwa Emile Durkheim ilmuwan sosial Perancis yang kemudian berhasil
melembagakan Sosiologi sebagai disiplin Akademis.
Dalam
penelitian ini, peneliti menggunakan Teori Interaksionisme simbolik yang
bernaung didalam paradigm Definisi Sosial yang artinya asumsi-asumsi dari cara
berfikir para pengikutnya dengan cara pandang Definisi Sosial. Tokoh utama dari
paradigm definisi sosial adalah Max Waber. Dia berperan dalam pembangunan
ketiga teori yang termasuk dalam paradigma definisi sosial yaitu Teori Interaksionisme
simbolik, teori tindakan atau aksi, dan teori fenomenologi. (Sutaryo, 2005:
5-15).
Dalam
sosiologinya Weber yang melihat kenyataan sosial secara mendasar terdiri dari
induvidu-induvidu dan tindakan-tindakan sosialnya yang berarti mendifinisikan sosiologi
sebagai suatu ilmu pengetahuan yang berusaha memperoleh pemahaman interpretatif
mengenai tindakan sosial agar dengan demikian bisa sampai kesuatu penjelasan
kausal mengenai arah dan akibat-akibatnya. Dengan tindakan tersebut dimaksudkan
suatu perilaku manusia sepanjang induvidu bertindak itu memberikan arti yang
subyektif tadi dihubungkan dengan oleh induvidu yang bertindak memperhitungkan
perilaku orang lain dan karena itu diarahkan ke tujuannya. (Ritzer, 1985: 43).
Weber sebagai
pengemuka exemplar dan paradigma definisi sosial mengartikan sosiologi sebagai
studi tentang tindakan sosial antara hubungan sosial, dimana ada lima ciri
pokok yang menjadikan sasaran penelitian, yaitu:
a.
Tindakan manusia, yang menurut si aktor mengandung
makna subyektif. Ini meliputi berbagai tindakan nyata.
b.
Tindakan nyata yang bersifat membatin sepenuhnya dan
bersifat subyektif.
c.
Tindakan yang meliputi pengaruh positif dari suatu
stuasi, tindakan yang sengaja diulang serta tindakan dalam bentuk persetujuan
secara diam-diam.
d.
Tindakan itu diarahkan kepada seseorang atau kepada
beberapa induvidu.
e.
Tindakan itu memperhatikan tindakan orang lain dan
terarah kepada orang lain.
Atas dasar rasionalitas, Max Weber membedakan kedalam empat
tipe. Semakin rasional tindakan sosial itu, semakin mudah dipahami, yaitu:
a.
Tingkah laku rasional (Zwerckrational)
Disebut juga rasional tujuan, yang mana bentuk orientasi
ini mencakup perhitungan yang tepat dan pengambilan sarana-sarana yang paling
efektif untuk tujuan-tujuan yang dipilih dan dipertimbangkan dengan jelas.
Dalam tindakan ini aktor tidak hanya sekedar menilai cara yang terbaik untuk
mencapai tujuannya, tetapi juga menentukan nilai dari tujuan itu sendiri. Ia
dapat juga menjadi cara dari tujuan lain berikutnya. Bila aktor berkelakuan dengan
cara yang paling rasional maka mudah memahami tindakannya tersebut.
b.
Werkrational Action
Menurut tipe ini pelaku terlibat dalam nilai penting yang
mutlak atau nilai kegiatan yang bersangkutan. Dia lebih mengejar nilai-nilai
dari pada memperhitungkan sarana-sarana dengan cara yang secara evaluative
netral. Disini rasionalitas kalkulatif muncul hanya dalam pilihan atas
sarana-sarana yang paling efektif untuk tujuan-tujuan yang dinilai, dan secara
khas nilai-nilai menentukan pilihan sarana-sarana dan juga tujuan, sehingga
sebuah tujuan yang secara moral baik, mesti dicapai hanya dengan sebuah sarana
yang secara moral baik, dapat dikatakan bahwa aktor tidak dapat menili apakah
cara yang dipilihnya itu merupakan cara yang paling tepat ataukah lebih tepat untuk
mencapai tujuan yang lain.
c.
Affectual Action
Disebut juga tindakan yang emosionalnya dan dibuat-buat,
yaitu tingkah laku yang berada dibawah dominasi langsung persaan-perasaan.
Disini tidak ada rumusan sadar atas nilai-nilai atau kalkulasi rasional sarana-sarana
yang cocok. Tindakan ini sama sekali emosional dan sukar dipahami karena tidak
rasional.
d.
Traditional Action
Yaitu tingkah laku berdasarkan kebiasaan yang muncul dari
praktik-praktik yang mapan dan menghormati otoritas yang ada. Tindakan ini merupakan
tipe tindakan
F.
Tinjauan
Pustaka
Penelitian terdahulu Widya Indriasari Nim 070417506
Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas AIRLANGGA
Tahun 2008 mengenai PERILAKU KESEHATAN
IBU PRA DAN PASCA PERSALINAN (Studi Deskriptif Tentang Perllaku Kesehatan
Ibu Pra dan Pasca Persalinan di Daerah Pemukiman Kumuh Kelurahan Gubeng
Kecamatan Gubeng Surabaya). Penelitian ini berangkat dari ketertarikan peneliti
terhadap perilaku kesehatan ibu pra dan pasca persalinan di daerah pemukiman
kumuh. Berdasarkan observasi yang dilakukan, masih banyak ibu-ibu di pemukiman
kumuh yang mengabaikan perilaku kesehatannya. Tipe penelitian ini adalah
deskriptif, yang berusaha memberikan gambaran dan menjelaskan tentang perilaku
kesehatan ibu pra dan pasca persalinan di daerah pemukiman kumuh. Selain itu,
peneliti juga mendeskripsikan peran significant others terhadap perilaku
kesehatan ibu pra dan pasca persalinan.
Dalam penelitian ini digunakan beberapa teori
diantaranya Skiner dalam teori perilaku kesehatan yang menyebutkan bahwa
perilaku manusia pada hakekatnya adalah tindakan atau aktivitas dari manusia
yang dapat diamati langsung, maupun yang tidak dapat diamati oleh pihak lain.
Perilaku adalah respons atau reaksi seseorang terhadap stimulus ( rangsangan
luar ). Selain itu, juga digunakan teori-teori sosiologi kesehatan seperti
Alonso yang menjelaskan mengenai 4 dimensi atau aktivitas dan tindakan individu
Yang mengkususkan mengenai perilaku kesehatan.
Sampel dalam penelitian ini adalah 50 responden dengan
teknik purposive sampling atau teknik sampel bertujuan, yaitu ibu-ibu yang
sudah memiliki anak dan bermukim di daerah kumuh kelurahan gubeng kecamatan
gubeng di kota Surabaya. teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan
instrumen kuesioner dan teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi
univariat dan bivariat dengan tabel silang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu-ibu sudah berusaha untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Artinya, ibu-ibu telah melakukan prevention dan detection sehingga dapat diklasifikasikan sebagai perilaku pemeliharaan kesehatan (health maintenance). Kemudian, peran significant others persalinan yang terlihat paling dominan dalam mendorong ibu untuk berperilaku sehat selama masa pra dan pasca adalah ibu kandung dan suami.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu-ibu sudah berusaha untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Artinya, ibu-ibu telah melakukan prevention dan detection sehingga dapat diklasifikasikan sebagai perilaku pemeliharaan kesehatan (health maintenance). Kemudian, peran significant others persalinan yang terlihat paling dominan dalam mendorong ibu untuk berperilaku sehat selama masa pra dan pasca adalah ibu kandung dan suami.
Hal ini dapat dilihat di dalam penelitian Erfi Yana
Eka Susanti Nim 3501403520. Pemulung Di TPA Winong Kecamatan Bawang
Kabupaten Banjarnegara Dalam Memanfaatkan Puskesmas. Jurusan Sosiologi dan
Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang Tahun 2007.
Penelitian ini menunjukkan Hasil dari penelitian ini adalah pemulung di TPA
Winong Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara masih belum optimal dalam
memanfaatkan pelayanan puskesmas karena faktor psikososibudaya. Pemulung di TPA
Winong Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara memiliki sosioekonomi dan
tingkat pendidikan yang rendah. Hal tersebut membuat pemulung memiliki persepsi
yang kurang benar mengenai sehat dan sakit yang pada akhirnya berpengaruh
terhadap perilaku sehat dan perilaku sakitnya. Perilaku sehat pemulung adalah
minum obat saat sakit, sedangkan perilaku sakit mereka adalah melakukan upaya
penyembuhan diri sendiri melalui kerokan, membuat jamu sendiri dari
daun-daun di kebun, dan membeli obat di warung. Jika penyakit pemulung parah
maka baru pergi ke tempat mantri kesehatan atau puskesmas. Faktor-faktor yang
menghambat pemulung untuk memanfaatkan pelayanan puskesmas adalah faktor lokasi
yang terlalu jauh yang berpengaruh terhadap besarnya biaya transportasi dan
persepsi mengenai sehat dan sakit, serta keyakinan pemulung mengenai perilaku
sakit. sedangkan faktor yang mendorong pemulung untuk menggunakan pelayanan
puskesmas adalah keparahan sakit, kedekatan lokasi puskesmas dan x
Dari kedua penelitian tersebut dapat
disimpulkan peneliti bahwa penelitian Pemulung Di TPA Winong Kecamatan
Bawang Kabupaten Banjarnegara Dalam Memanfaatkan Puskesmas dan PERILAKU KESEHATAN IBU PRA DAN PASCA PERSALINAN (Studi Deskriptif
Tentang Perllaku Kesehatan Ibu Pra dan Pasca Persalinan di Daerah Pemukiman
Kumuh Kelurahan Gubeng Kecamatan Gubeng Surabaya) dikatakan secara sosiologis
kesehatan bahwa didalam kedua penelitian ini menceritakan segala dari
perilakunya untuk mendapatkan kesehatan yang baik. Penelitian tersebut
dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu perilakunya (tindakan), faktor sosialnya
(ekonomi) serta faktor sarana dan pelayanan kesehatannya. Sehingga kedua
penelitian ini mampu memberikan pandangan terhadap peneliti “Perilaku Sehat
Anak Sekolah di SD Negeri I Sekaran, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten”
dikarenakan penelitian kedua tersebut dapat dapat memberikan kenyataan dan
kesimpulan dalam aspek sosiologi kesehatan dapat dikatakan mereka dipengaruhi
oleh perilaku sehatnya (tindakan), kondisi sosial (ekonomi, perumahan) dan
sarana maupun pelayanan kesehatannya.
Menurut Soekidjo Notoatmojo, (1983:
5). Masyarakat merupakan kerangka dimana segala bentuk aktivitas berlangsung.
Keberadaan suatu aktivitas dengan sendirinya adalah cermin akan adanya perilaku
atau tindakan-tindakan. Perilaku manusia merupakan hasil dari segala macam
pengalaman serta interaksi manusia dengan lingkungannya yang terwujud dalam
bentuk pengetahuan, sikap dan tindakan. Dengan kata lain, perilaku merupakan
respon induvidu terhadap stimulus yang berasal dalam dirinya. Respon ini dapat
dikelompokkan menjadi tiga yaitu :
1.
Perilaku dalam bentuk pengetahuan yaitu informasi yang
di miliki untuk mengetahui stuasi atau rangsangan dari luar.
2.
Perilaku yang berbentuk sikap yaitu tanggapan batin
terhadap keadaan rangsangan dari luar subyek, sehingga alam sendiri akan
menghasilkan perilaku manusia yang hidup didalamnya sesuai dengan sifat dan
keadaan alam tersebut.
3.
Perilaku dalam bentuk perbuatan atau tindakan yaitu
tindakan nyata berupa faktor perbuatan (action)
terhadap situasi atau rangsangan dari luar.
Menurut
Kartini Kartono, 1989. Perilaku dapat diartikan sebagai suatu reaksi yang dapat
diamati secara umum atau obeyktif sehingga hal-hal yang diperbuat akan nampak
hasilnya dari perbuatan tersebut. Perilaku merupakan pengembangan dari
kepribadian yang dimanifestikan kedalam tindakan induvidu yang dapat diamati
atau diobservasi secara obeyktif. Selain itu perilaku juga merupakan suatu cara
bertingkah laku yang diciptakan untuk ditiru oleh orang lain. Suatu cara bertindak
menjadi suatu pola bertindak yang tetap melalui proses pengulangan (peniruan)
yang dilakukan oleh banyak orang dalam waktu yang relatif lama, sehingga
terbentuklah suatu kebiasaan. Perilaku dibedakan menjadi empat pengertian yaitu
:
1.
Perilaku yaitu semacam respon (reaksi, tanggapan,
jawaban, balasan).
2.
Perilaku yaitu khusus bagian dari satu pola kesatuan
interaksi.
3.
Perilaku yaitu perbuatan atau aktivitas.
4.
Perilaku yaitu gerak atau kompleks gerak-gerik.
(Chaplin, 1989:53)
Pareto
menekankan bahwa hidup bermasyarakat terdiri dari apa yang dilakukan oleh
anggota-anggota individual. Mereka merupakan the material points or molecules dari sistem yang disebut
masyarakat. Sebagian terbesar kelakuan manusia bersifat mekanis atau otomatis.
Menurut Pareto perilaku dibedakan menjadi dua, yakni :
1.
Perilaku logis yaitu perilku yang direncanakan oleh
akal budi dengan berpedoman pada tujuan yang mau dicapai dan menurut kenyataan
menyampai tujuan itu.
2.
Perilaku nonlogis merupakan perilaku yang tidak
berpedoman secara rasional pada tujuan atau tidak mencapai tujuannya.
Hampir seluruh kehidupan masyarakat terdiri dari
perbuatan-perbuatan nonlogis.
(Solita
Sarwono 1997: 32) menyatakan bahwa Perilaku sehat adalah tindakan yang
dilakukan induvidu untuk memelihara dan meningkatkan kesehatannya termasuk
pencegahan penyakit, perawatan kebersihan (personal hygiene). Perilaku sehat
ini diperlihatkan oleh induvidu-induvidu yang merasa dirinya sehat meskipun
secara medis belum tentu mereka betul-betul sehat.
Berdasarkan hasil ini, sebuah kelompok riset kesehatan
publik dan obat-obatan. anggota merasa perlu untuk mengembangkan intervensi
yang efektif yang bertujuan untuk meningkatkan kepada siswa didalam
pengetahuan, sikap dan perilaku dan mengubah didalam lingkungan fisiknya.
Didalam Undang-Undang
No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan dengan persetujuan Dewan Perwakilan
Rakyat Republik Indonesia dan Presiden Republik Indonesia memutuskan BAB I : KETENTUAN UMUM pasal 1 sebagai
berikut:
1.
Kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik,
mental spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk berproduksi
secara sosial dan ekonomis.
2.
Sumber daya dibidang kesehatan adalah segala bentuk
dana, tenaga, perbekalan kesehatan, sediaan farmasi dan alat kesehatan yang
serta fasilitas pelayanan kesehatan dan teknologi yang dimanfaatkan untuk
menyelenggarakan upaya kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah daerah, dan
atau masyarakat.
3.
Perbekalan kesehatan adalah semua bahan dan peralatan
yang diperlukan untuk menyelenggarakan upaya kesehatan.
4.
Sedia farmasi adalah obat, bahan obat, obat
tradisional, dan kosmetika.
5.
Alat kesehatan adalah intrumen, apparatus, mesin dan
atau implan yang tidak mengandung obat yang digunakan untuk mencegah,
mendiagnosis, menyembuhkan dan meringankan penyakit, merawat orang sakit,
memulihkan kesehatan pada manusia dan atau membentuk struktur dan memperbaiki
fungsi tubuh.
6.
Tenaga kesehatan adalah setiap orang mengabdikan diri
dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan dan atau ketrampilan melalui
pendidikan dibidang kesehatan yang untuk jenis tertentu memerlukan kewenangan
untuk melakukan upaya kesehata.
7.
Fasilitas pelayanan kesehatan adalah suatu alat dan
atau tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan,
baik promotif, preventif, kuratif, maupun rehabilitative yang dilakukan oleh
pemerintah, pemerintah daerah dan atau masyarakat.
8.
Obat adalah bahan atau paduan bahan, termasuk produk
biologi yang digunakan untuk mempengaruhi atau menyelidiki sistem fisiologi
atau keadaan patologi dalam rangka penetapan diagnosis, pencegahan,
penyembuhan, pemulihan, peningkatan kesehatan dan kontrasepsi, untuk manusia.
9.
Obat Tradisional adalah bahan atau ramuan bahan yang
berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarjan (galanik),
atau campuran dari bahan tersebut yang secara turun menurun telah digunakan
untuk pengobatan, dan dapat diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku
dimasyarakat.
10. Teknologi
kesehatan adalah segala bentuk alat dan atau metode yang ditujukan untuk
membantu menegakkan diagnose, pencegahan dan penanganan permasalahan kesehatan
manusia.
11. Upaya
kesehatan adalah setiap kegiatan dan serangkaian kegiatan yang dilakukan secara
terpadu, terintegrasi dan berkesinambungan unuk memelihara dan meningkatkan
derajat kesehatan masyarakat dalam bentuk pencegahan penyakit, peningkatan
kesehatan, pengobatan penyakit dan pemulihan kesehatan oleh pemerintah dan atau
masyarakat.
12. Pelayanan
kesehatan promotif adalah suatu kegiatan atau serangkaian kegiatan pelayanan
kesehatan yang lebih mengutamakan kegiatan yang bersifat promosi kesehatan.
13. Pelayanan
kesehatan preventif adalah suatu kegiatan pencegahan terhadap suatu masalah
kesehatan/ penyakit.
14. Pelayanan
kesehatan kuratif adalah suatu kegiatan dan atau serangkaian kegiatan
pengobatan yang ditujukan untuk penyembuhan penyakit, pengurangan penderitaan
akibat penyakit, pengendalian penyakit, atau pengendalian kecacatan agar
kualitas penderita dapat terjaga seoptimal mungkin.
15. Pelayanan
kesehatan rehabilitatife adalah kegiatan dan atau serangkaian kegiatan untuk
mengembalikan bekas penderita ke dalam masyarakat sehingga dapat berfungsi lagi
sebagai anggota masyarakat yang berguna untuk dirinya dan masyarakat semaksimal
mungkin sesuai dengan kemampuannya.
16. Pelayanan
kesehatan tradisional adalah pengobatan atau perawatan dengan cara dan obat
yang mengacu pada pengalaman dan keterampilan turun menurun secara empiris yang
dapat dipertanggung jawabkan dan diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku
dimasyarakat.
17. Pemerintah
pusat, selanjutnya disebut pemerintah adalah Presiden Republik Indonesia yang
memegang kekuasaan Pemerintah Negara Republik Indonesia sebagai mana dimaksud
dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
18. Pemerintah
daerah adalah Gubernur, Bupati atau walikota dan perangkat daerah sebagai unsur
penyelenggaraan pemerintah daerah.
19. Mentri
adalah mentri yang lingkup tugas dan tanggung jawab di bidang kesehatan.
Dalam penelitian perilaku sehat anak
sekolah di SD Negeri I Sekaran maka hal tersebut dicamtumkan didalam pasal 79
yaitu:
(1)
Kesehatan sekolah diselenggarakan untuk meningkatkan
kemampuan hidup sehat peserta didik dapat belajar, tumbuh dan berkembang secara
harmonis dan setinggi-tingginya menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.
(2)
Kesehatan sekolah sebagaimana dimaksud pada ayat (1)
diselenggarakan melalui sekolah umum dan informal atau melalui lembaga
pendidikan lain.
(3)
Ketentuan mengenai kesehatan sekolah sebagaimana
dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) ditetapkan dengan peraturan
pemerintah.
Perilaku sangat mempengaruhi
dari pribadi seseorang. Faktor lingkungan, pribadi dan perilaku hal ini
dinyatakan didalam Predictors of initiation and
persistence of unhealthy unhealthy
weight control behaviours in adolescent oleh Jennifer A Linde, Melanie M Wall, Jess
Haines, Dianne Neumark-Sztainer International
Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity 2009, 6:72 (29 October 2009)
“Weight control behaviors are not
healthy (UWCB) among adolescents have weight and health consequences are
significant. EAT project explored personal, behavioral, and social
environmental factors associated with food intake and body weight in
adolescence.”
Dapat diartikan Perilaku
pengendalian berat badan yang tidak sehat (UWCB) di kalangan remaja memiliki
kesehatan dan berat badan yang signifikan konsekuensinya. Proyek EAT
dieksplorasi pribadi, perilaku, dan faktor lingkungan sosial yang terkait
dengan asupan makanan dan berat badan di masa remaja.
Perilaku dapat memberikan kesadaran kesehatan bagi
siswa kelas supaya dapat terpenuhi
dengan baik. Tujuannya yaitu meningkatkan dan mengubah perilaku anak
dalam kehidupan sehari-hari saat diperlukan, evaluasi menyeluruh pengaruhnya
terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku yang diperlukan.
Di dalam sehat-pemakan identitas adalah
alat prediksi yang signifikan setelah mengendalikan pengetahuan gizi.
Penambahan perbaikan efektivitas diri prediksi dalam kasus kedua makan hasil. Ukuran
sehat-eater identitas, persepsi tentang makanan sehat, pengetahuan gizi,
efektivitas diri untuk kedua asupan buah-buahan dan sayuran dan makanan yang
rendah nilai gizi diselesaikan oleh 101 mahasiswa dan staf. kemudian, para
peserta mengingat konsumsi baru yaitu buah-buahan dan sayur-sayuran dan makanan
yang rendah nilai gizi. Hal ini dinyatakan didalam Healthy-eater Identity and Self-efficacy
Predict Healthy Eating Behavior oleh Shaelyn M. Strachan Journal of
Health Psychology, Vol. 14, No. 5, 684-695 (2009).
“healthy-eater identity was a significant predictor after controlling
for nutrition knowledge. The addition of self-efficacy improved
prediction in the case of both eating outcomes. Measures of
healthy-eater identity, perception of healthy eating, nutrition
knowledge, self-efficacy for both intake of fruits and vegetables
and foods of low nutritional value were completed by 101 university
students and staff. Two weeks later, participants recalled recent
consumption of fruits and vegetables and foods of low nutritional
value. For both eating outcomes”
G.
Definisi Konsep
Untuk membatasi ruang lingkup penelitian
ini, perlu adanya pembatasan istilah dan pengertihan sehingga diharapkan akan
mendapatkan gambaran yang jelas dengan masalah pokok penelitian yang akan
dilaksanakan. Adapun batas konseptual adalah sebagai berikut :
1.
Perilaku adalah hasil daripada segala macam pengalaman
serta interaksi manusia dengan lingkungannya yang terwujud dalam bentuk
pengetahuan, sikap dan tindakan. (Solita Sarwono1997 : 1).
2.
Sehat adalah Segar, afiat, nyaman dan bebas dari
penyakit (Prof. Dr. J.S. Badudu 1944 : 1240).
3.
Perilaku Sehat adalah segala bentuk tindakan yang
dilakukan oleh induvidu untuk memelihara dan meningkatkan kesehatannya,
termasuk pencegahan penyakit, perawatan, penjagaan kebugaran melalui olah raga
dan makanan yang bergizi.
4.
Anak adalah setiap orang yang berusia dibawah 18 tahun,
kecuali berdasarkan ketentuan yang berlaku bagi anak ditentukan bahwa usia
dewasa dicapai lebih awal. (Kovensi Hak anak dalam jurnal analisis sosial, 5
Mei 1997 : 3).
H.
Metode
Penelitian
1.
Tempat dan
Waktu Penelitian
a.
Tempat Penelitian
Tempat penelitian
adalah Sekolah Dasar Negeri I, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten pada kelas
1 sampai kelas 6 tahun ajaran 2008/ 2009. Alasan dalam pemilihan tempat
penelitian tersebut adalah sebagai berikut :
i.
Di lokasi ini, data yang diperoleh sesuai dengan
permasalahan yang diteliti sehingga dapat mendukung dalam menjawab perumusan
masalah dengan sebaik-baiknya.
ii.
Di lokasi ini, jarak dapat ditempuh dengan cepat serta
transportasinya yang mudah, sehingga lebih mempercepat dan memperlancar
jalannya penelitian terutama dalam mengambil data yang diperlukan.
b.
Waktu Penelitian
Penelitian
ini dilaksanakan pada bulan 1 Juni 2009 – 30 Juni 2009
2.
Jenis
Penelitian
Penelitian
ini bersifat deskriptif kualitatif dimaksudkan data yang dikumpulkan berupa
kata-kata, gambar dan bukan angka-angka. Selain itu, semua yang dikumpulkan
berkemungkinan untuk menjadi kunci terhadap
apa yang sudah diteliti. Dengan demikian, laporan peneliti akan berisi
kutipan-kutipan data untuk memberi gambaran penyajian laporan tersebut. Data
tersebut yaitu naskah wawancara, catatan lapangan, foto, videotape, dokumen
pribadi, catatan atau memo, dan dokumen resmi lainnya (Moleong, 2002: 6).
Sedangkan
menurut (Sutopo, 2002: 109) penelitian deskriptif kualitatif merupakan
penelitian yang studi kasusnya mengarah pada pendeskripsian secara rinci dan
mendalam mengenai potret kondisi tentang apa yang sebenaranya terjadi menurut
apa adanya dilapangan studi.
3.
Sumber Data
Pemahaman mengenai berbagai
sumber data merupakan bagian yang sangat penting bagi peneliti kerena ketepatan
memilih dan menentukan jenis sumber data akan menentukan ketepatan dan kekayaan
data atau informasi yang diperoleh. Data tidak akan diperoleh tanpa adanya
sumber data. Betapa menariknya suatu permasalahan, bila sumber datanya tidak
tersedia, maka ia akan punya arti karena tidak akan bisa diteliti dan dipahami
(Sutopo, 2002: 49). Data yang akan dikumpulkan dalam penelitian ini bersumber
dari :
a.
Data Primer
Data Primer adalah data
yang didapat dari sumber data baik induvidu maupun perseorangan seperti hasil
wawancara atau hasil pengisian kuesioner yang dilakukan penulis. Data yang
diperoleh langsung dari 6 responden yaitu 6 anak di SD N I Sekaran kelas I-VI
dan 9 informan yaitu 2 guru SD, 6 orang tua wali murid, 1 petugas paramedis.
Selain itu tempat, dan peristiwa atau aktivitas anak sekolah didalam perilaku
sehat tersebut.
b.
Data Sekunder
Data Sekunder adalah data yang
telah mengalami pengolahan lebih lanjut dan disajikan oleh pihak pengumpul data
primer atau oleh pihak tertentu. Data yang dikumpulkan untuk mendukung dan
melengkapi data primer yang berkenaan dengan masalah penelitian diantaranya
adalah data monografi SD Negeri I Sekaran, dokumentasi, gambaran yang mampu
memberikan masukan dalam analisa data.
4.
Teknik
Pengumpulan Data
Sesuai
dengan bentuk pendekatan kualitatif terhadap sumber data yang digunakan maka
teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah sebagai berikut :
a.
Interview
(Wawancara)
Wawancara
adalah percakapan dengan maksud tertentu, yang dilakukan oleh kedua pihak yaitu
pewawancara yang mengajukan pertanyaan dan yang diwawancarai yang memberikan
jawaban atas pertanyaan yang diajukan (Moleong, 1990: 135). Teknik wawancara
ini dilakukan dengan struktur yang tidak ketat atau informal guna menanyakan
pendapat informan tentang suatu situasi dan kondisi tertentu. Dalam hal
tertentu peneliti dapat menanyakan pandangan informan tentang banyak hal yang
sangat bermanfaat untuk menjadi dasar bagi penelitian pada waktu dan konteks
yang dianggap tepat, guna mendapatkan data yang mendalam dan dilakukan
berulang-ulang sesuai dengan keperluan peneliti tentang kejelasan masalah yang
dijelajahi (Sutopo, 2002: 59-60). Dalam penelitian ini, peneliti mewawancarai
informan-informan yang telah ditentukan kriterianya dengan mengajukan
pertanyaan yang berhubungan dengan masalah yang diteliti, yaitu perilaku sehat
anak sekolah di SD Negeri I Sekaran. Artinya pertanyaan yang diajukan dapat
berkembang dan tidak terfokuskan pada daftar pertanyaan yang disiapkan
peneliti. Jawaban-jawaban yang sudah didapat dari informan disimpan dalam
bentuk catatan maupun rekaman (file)
b.
Observasi Langsung
Teknik Observasi adalah teknik
pengumpulan data yang bersifat non verbal. Sekalipun dasar utama dari metode
observasi adalah penggunaan indera visual, tetapi dapat juga melibatkan
indera-indera lain seperti pendengaran, rabaan, dan penciuman (Slamet, 2006:
86). Penelitian ini peneliti akan melakukan observasi secara langsung baik
secara formal mupun informal guna mengumpulkan data, dengan mengamati dan
mencatat kegiatan-kegiatan yang dilakukan anak sekolah (Responden).
c.
Dokumentasi
Dokumentasi
berasal dari kata dokumen yang artinya setiap bahan tertulis maupun film yang
tidak dipersiapkan karena adanya permintaan seseorang penyidik atau peneliti
(Moleong, 1994: 161).
5.
Teknik Cuplikan
(Sampling)
Cuplikan berkaitan dengan
pembatasan jumlah dan jenis dari sumber data yang akan digunakan dalam
penelitian. Teknik cuplikan merupakan suatu bentuk khusus atau proses bagi
pemusatan atau pemilihan dalam penelitian yang mengarah pada seleksi.
Cuplikan
dalam penelitian kualitatif sering juga dinyatakan sebagai internal sampling. Dalam internal
sampling, cuplikan diambil untuk mewakili informasinya dengan kelengkapan
dan kedalamannya yang tidak perlu ditentukan oleh jumlah sumber datanya, karena
jumlah informan yang kecil bisa saja menjelaskan informasi tertentu, secara
lebih lengkap dan benar daripada informan yang diperoleh dari jumlah nara
sumber yang lebih banyak yang mungkin kurang mematuhi dan memenuhi informasi
sebenarnya. (Sutopo 2002 : 55).
Dalam
penelitian kualitatif, teknik cuplikan yang digunakan bukanlah cuplikan statistik atau yang biasa dikenal dengan
probability sampling yang biasa digunakan dalam penelitian kuantitatif.
Penelitian kualitatif cenderung menggunakan teknik cuplikan yang bersifat
selektif dengan menggunakan pertimbangan berdasarkan konsep teoritis yang
digunakan, keingintahuan pribadi dari sang peneliti, karakteristik empiriknya
dan sebagainya.
Dalam
penelitian ini, peneliti menggunakan Purprosive
Sampling (sampel bertujuan). Purposive Sampling adalah dimana peneliti
cenderung memilih informan yang dianggap tahu dan dapat dipercaya untuk menjadi
sumber data yang mantap dan mengetahui masalahnya secara mendalam. Namun
demikian, informan yang dipilih dapat menunjukkan informasi lain yang lebih
tahu, maka pilihan informan dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan dan
kemantapan peneliti dalam memperoleh data (Sutopo, 2002:56). Adapun
kreteria-kriteria dalam pemilihan sampel yaitu:
·
6 responden anak sekolah SD N I Sekaran dengan
kriteria sebagai berikut:
a)
1 orang anak perempuan kelas I
b)
1 orang anak laki-laki kelas II
c)
1 orang anak perempuan Kelas III
d)
1 orang anak laki-laki Kelas IV
e)
1 orang anak perempuan Kelas V
f)
1 orang anak laki-laki Kelas VI
·
9 informan yaitu orang tua, guru, dan tenaga
medis dengan kriteria sebagai berikut :
a)
6 orang tua wali murid di SD N I Sekaran
b)
2 Guru di SD N I Sekaran yaitu: Guru kelas dan Guru
Olah Raga.
c)
1 orang tenaga medis di Desa Sekaran, Kecamatan
Wonosari, Kabupaten Klaten.
6.
Teknik
Analisis Data
Pada penelitian ini menggunakan
teknik analisi data dengan teknik analisis interaktif (interactive mode of
analysis). Menurut Miles dan Huberman, teknik analisis data interaktif meliputi
tiga hal yang terdiri dari:
a.
Reduksi Data
Merupakan proses
seleksi, pemfokusan, penyederhanaan dan abtraksi.
b.
Penyajian Data
Merupakan rangkaian informasi yang memungkinkan kesimpulan
riset dapat dilakukan.
c.
Penarikan Kesimpulan
Dari sajian yang telah tersusun, selanjutnya peneliti dapat
menarik kesimpulan akhir. (Sutopo, 2002: 91-93).
Untuk
menjelaskan uraian diatas dapat dilihat model gambar dibawah ini:
Gambar 1. Skema Model Analisis Interaktif



![]() |
|||||||||
![]() |
![]() |
||||||||
![]() |
|||||||||
![]() |
Sumber : (Sutopo, 2002:91)
Dari model analisis tersebut, menunjukkan bahwa
pengumpulan data dibuat reduksi data dan sajian data dengan maksud semua data
yang dikumpulkan dapat dipahami secara mendalam kemudian disusun secara
sistematis. Bila pengumpulan data berakhir, maka dilakukan penarikan kesimpulan
berdasarkan pada semua hal yang didapat dalam reduksi data dan sajian
data.
7.
Validitas
Data
Untuk dapat meningkatkan validitas data yang
diperoleh selama proses penelitian akan dilakukan dengan Triangulasi. Triangulasi
adalah teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain
diluar data itu untuk keperluan pengecekan atau pembanding terhadap data itu.
Terdapat empat macam triangulasi yaitu pemeriksaan yang memanfaatkan penggunaan
sumber, metode, peneliti (pengamat)
lain dan teori.
Dalam penelitian deskriptif
kualitatif ini jenis triangulasi yang akan digunakan adalah triangulasi dengan
sumber. Triangulasi dengan sumber berarti membandingkan dan mengecek balik
derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang
berbeda dalam penelitian kualitatif. Hal itu dapat dicapai dengan jalan :
Pertama,
membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara.
Kedua,
membandingkan apa yang dikatakan orang didepan umum dengan apa yang dikatakan
secara pribadi.
Ketiga,
membandingkan apa yang dikatakan orang-orang tentang stuasi penelitian dengan
apa yang dikatakannya sepanjang waktu.
Keempat,
membandingkan keadaan dan perspektif seseorang dengan berbagai pendapat dan
pandangan orang seperti rakyat biasa, orang yang berpendidikan menengah atau
tinggi, orang berada, orang pemerintah.
Kelima,
membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan.
(Moleong, 2001: 178).
Triangulasi dengan sumber
dilakukan dengan jalan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil
wawancara. Hal ini dilakukan karena perilaku sehat lebih bisa diketahui melalui
pengamatan. Disamping itu juga melakukan wawancara kepada perilaku sehat anak
sekolah, orang tua wali murid dan guru dengan melakukan wawancara pada saat ia
sendiri.
Triangulasi
tersebut juga dilakukan dengan melihat kehidupan di lingkungan sekolah yang
menjadi sumber informasi dimana ada keterlibatan langsung dengan perilaku sehat
anak sekolah di SD Negeri I Sekaran. Triangulasi data itu sejumlah 9 orang
informan yaitu 6 orang tua wali murid, 2 guru (Kelas dan Olah raga), dan 1
orang tenaga medis di Puskesmas Kecamatan Wonosari.NB: kalau anda ingin lebih lengkap silahkan hubungi saya di trihatmokojatipamungkas@gmail.com....terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar