PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI
MELALUI TEKNIK PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH
BAGI SISWA KELAS XII IPS – 2 SMA NEGERI 1
WONOSARI
TAHUN 2011

Di susun untuk melengkapi tugas-tugas dan
memenuhi syarat-syarat
guna menempuh AKTA IV
Oleh:
Tri Hatmoko Jati Pamungkas, S.Sos
Da. 0210.823
PROGRAM AKTA IV
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN
2011
UPAYA PENINGKATAN HASIL
BELAJAR SOSIOLOGI
MELALUI TEKNIK PEMBERIAN
TUGAS PEKERJAAN RUMAH
BAGI SISWA KELAS XII
IPS – 2 SMA NEGERI 1 WONOSARI
TAHUN 2011
A.
Latar Belakang
Pendidikan
adalah investasi jangka panjang yang memerlukan usaha dan dana yang cukup
besar, hal ini diakui oleh semua orang atau suatu bangsa demi kelangsungan masa
depannya. Demikian halnya dengan Indonesia menaruh harapan besar terhadap
pendidik dalam perkembangan masa depan bangsa ini, karena dari sanalah tunas
muda harapan bangsa sebagai generasi penerus dibentuk. Meski diakui bahwa
pendidikan adalah investasi besar jangka panjang yang harus ditata, disiapkan
dan diberikan sarana maupun prasarananya dalam arti modal material yang cukup
besar, tetapi sampai saat ini Indonesia masih berkutat pada problemmatika
(permasalahan) klasik dalam hal ini yaitu kualitas pendidikan. Problematika ini
setelah dicoba untuk dicari akar permasalahannya adalah bagaikan sebuah mata
rantai yang melingkar dan tidak tahu darimana mesti harus diawali. Terkait
dengan mutu pendidikan khususnya pendidikan pada jenjang
Sekolah
Menengah Atas sampai saat ini masih jauh dan apa yang kita harapkan. Betapa
kita masih ingat dengan hangat akan standarisasi Ujian Akhir Sekolah ( UAS )
dengan nilai masing – masing mata pelajaran 5,50 dikeluhkan oleh semua
para pendidik bahkan oleh orang – orang tua siswa sendiri, karena anak atau
siswanya tidak dapat lulus. Hal lucu yang sebenarnya tidak perlu terjadi.
Melihat kondisi rendahnya prestasi atau hasil belajar siswa tersebut beberapa
upaya dilakukan salah satunya adalah pemberian tugas kepada siswa untuk
dikerjakan di rumah. Dengan pemberian pekerjaan rumah kepada siswa diharapkan
siswa dapat meningkatkan aktifitas belajarnya, sehingga terjadi pengulangan dan
penguatan terhadap meteri yang diberikan di sekolah dengan harapan siswa mampu
meningkatkan hasil belajar atau prestasi siswa
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang permasalahan sebagaimana tersebut
diatas, maka rumusan permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah :
“Apakah
melalui teknik pemberian tugas pekerjaan rumah dapat meningkatkan prestasi
belajar Sosiologi bagi siswa kelas XII IPS – SMA N 1 Wonosari?”
C.
Pemecahan Masalah
Siswa yang mendapatkan perhatian dan perlakuan khusus
tentunya akan menghasilkan atau menguasai materi pelajaran. Diberikanya
perlakuan dan perhatian yang lebih baik pada siswa dalam belajar di sekolah
maupun di rumah, tentunya akan lebih baik pula penguasaan keterampilan atau
konsep terhadap mata pelajaran yang dipelajarinya. Pemberian pekerjaan rumah
secara rutin dan terorganisir dengan baik paling tidak akan mampu
mengkondisikan dalam bentuk motivasi ekstinsik bagi siswa itu sendiri. Motivasi
ekstrinsik timbul sebagai akibat pengaruh dari luar individu, apakah karena
adanya ajakan, atau paksaan orang lain sehingga dengan kondisi yang demikian
akhirnya ia mau melakukan sesuatu atau belajar, misalnya seseorang mau belajar
karena ia disuruh orang tua untuk mendapatkan peringkat pertama. Demikian
halnya dengan guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa dengan harapan
baik itu dirasa memaksa bagi siswa atau karena disuruh sebagai tugas
dengan perasaan terpaksa, yang jelas mengkondisikan siswa harus belajar. Dengan
pola demikian tentunya anak akan lebih banyak belajar dirumah.
D.
Tujuan
1.
Tujuan Umum
Tujuan peneliti yang
diharapkan dari penelitian ini menjadi masukan bagi guru dan siswa untuk
meningkatkan belajar di rumah.
2.
Tujuan Khusus
Adapaun tujuan
khusus dari penelitian ini :
“Untuk mengetahui
apakah melalui pemberian pekerjaan rumah dapat meningkatkan prestasi belajar
sosiologi bagi siswa kelas XII SMA N 1 WONOSARI”
E.
Manfaat
Penelitian
ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :
- SMA N 1 WONOSARI
Dengan hasil penelitian ini diharapkan SMA Negeri 1 Wonosari dapat lebih
meningkatkan pemberdayaan pemberian pekerjaan rumah agar prestasi belajar siswa
lebih baik dan perlu dicoba untuk diterapkan pada pelajaran lain.
- GURU
Sebagai bahan masukan bagi guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di
kelasnya.
- SISWA
Sebagai bahan masukan bagi siswa untuk memanfaatkan pekerjaan rumah dalam
rangka meningkatkan prestasi belajarnya.
F.
KAJIAN PUSTAKA
Kerangka Teoritik
- Pengertian Belajar
Skinner berpandangan bahwa belajar
adalah suatu perilaku. Pada saat orang belajar maka responya menjadi lebih baik
dan sebaliknya bila tidak belajar responya menjadi menurun sedangkan menurut
Gagne belajar adalah seperangkat proses kognitif yang mengubah sifat stimulasi
limgkungan, melewati pengolahan informasi, menjadi kapasitas baru (Dimyati,
2002-10). Sedangkan menurut kamus umum bahasa Indonesia belajar diartikan
berusaha (berlatih dsb) supaya mendapat suatu kepandaian (Purwadarminta : 109)
Belajar dalam penelitian ini diartikan segala usaha
yang diberikan oleh guru agar mendapat dan mampu menguasai apa yang telah
diterimanya dalam hal ini adalah pelajaran Sosiologi.
- Prestasi Belajar.
Prestasi belajar berasal dari kata “ prestasi “ dan
“belajar’ prestasi berarti hasil yang telah dicapai (Depdikbud, 1995 : 787).
Sedangkan pengertian belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau lmu
(Depdikbud, 1995 : 14). Jadi prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan
atau ketrampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukan
dengan nilai atau angka yang diberikan oleh guru. Prestasi dalam penilitian
yang dimaksudkan adalah nilai yang diperoleh oleh siswa pada mata pelajaran
sosiologi dalam bentuk nilai berupa angka yang diberikan oleh guru kelasnya
setelah melaksanakan tugas yang diberikan padanya.
- Teknik
Teknik yang dimaksud disini adalah cara tertentu yang
dilakukan oleh guru yang akan dikenakan kepada siswanya dalam rangka
mendapatkan informasi atau laporan yang diinginkan.
- Pekerjaan Rumah.
Pekerjaan rumah atau yang lazim disebut PR dalam
bahasa Inggris “Homework“ yang artinya mengerjakan pekerjaan rumah. Dalam
penelitian ini yang dimaksudkan dengan PR adalah sebuah tugas atau pekerjaan
tertentu baik tertulis atau lisan yang harus dikerjakan diluar jam sekolah (terutama
di rumah) berkaitan dengan pelajaran yang telah disampaikan guru untuk
meningkatkan penguasaan konsep atau ketrampilan dan sekaligus memberikan pengembangan.
Hipotesis
“ Melalui teknik pemberian tugas pekerjaan rumah dapat meningkatkan
hasil belajar sosiologi bagi siswa kelas XII – 2 MA Negeri Ambon ”
G.
METODE PENELITIAN
A. Rencana Tindakan
Dalam
penelitian tindakan kelas ini dilakukan kegiatan yang meliputi empat tahap
kegiatan yaitu :
1. Tahap
perencanaan
2. Tahap
pelaksanaan
3.
Tahap pengamatan
4.
Tahap refleksi
- Metode Penelitian
a)
Setting Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 WONOSARI
dengan subjek penelitian siswa kelas XII – IPS. 2 dengan jumlah siswa 38 orang.
b) Persiapan
Penelitian
Adapun persiapan dalam penelitian tindakan kelas ini
adalah :
1.
Guru membuat perangkat pembelajaran
2.
Guru membuat instrumen penelitian tindakan kelas
untuk mengetahui kesiapan anak dalam belajar dan untuk mengetahui proses
pembelajaran di kelas.
3.
Guru membuat soal – soal pekerjaan rumah.
4.
Guru membuat soal ulangan harian
5.
Guru menyiapkan blangko analisis ulangan harian
c)
Siklus Penelitian
Pada penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus
penelitian dimana setiap siklusnya terdiri dari kegiatan perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi
d)
Instrumen
Untuk
mengoptimalkan hasil penelitian tindakan maka penulis mengambil data sebanyak
mungkin. Adapun cara penulis yang dilakukan adalah dengan menggunkan lembar
obsevasi, yaitu:
1.
Lembar observasi untuk mengetahui tingkat kesiapan
siswa dalam belajar.
2. Lembar
observasi untuk mengetahui keaktifan siswa pada proses belajar mengajar
Sedangkan
untuk lebih memantapkan data yang di dapat maka disiapkan pula instrumen berupa
soal test yang meliputi :
1.
Test awal
2.
Pekerjaan rumah pada akhir tatap muka
3.
Ulangan harian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar